PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI SISWA KELAS IV SDN SRIKATON KEC. RINGINREJO KAB. KEDIRI TAHUN AJARAN 2015


Author (Penulis)

SARI DWI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0319

Abstract

Abstrak Sari Dwi Wahyuni : Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Dengan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi Siswa Kelas Iv Sdn Srikaton Kec. Ringinrejo Kab. Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2014. Kata kunci : model pembelajaran, take and give, media, audiovisual, mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliatian, bahwa pembelajaran IPA khususnya pada materi perubahan kenampakan bumi di kelas IV, di SDN Srikaton belum dapat mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi dengan benar. Hal ini dikarenakan penggunaan metode ceramah yang tidak variatif sering dilaksanakan dalam setiap pembelajaran sehingga aktivitas pembelajaran selalu didominasi oleh guru.Selain itu, langkanya penggunaan / pemanfaatan alat-alat penunjang pembelajaran IPA seperti media pembelajaran menyebabkan siswa hanya menjadi pendengar, penulis ringkasan atau pencatat materi yang ada pada buku sumber. Hal ini menimbulkan materi yang disampaikan sulit untuk dipahami dan kurang menarik bagi siswa, akibatnya ketika diadakan evaluasi belajar siswa mendapatkan nilai di bawah KKM.Untuk itu dibutuhkan model pembelajaran Take and Give dengan media Audiovisual yang sesuai dengan materi pembelajaran tersebut agar siswa menjadi lebih aktif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Berdasarkan latarbelakang tersebut, permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi sebelum menggunakan model pembelajaran Take and Give dengan media audiovisual siswa kelas IV SDN Srikaton Kediri? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi setelah menggunakan model pembelajaran Take and Give dengan media audiovisual siswa kelas IV SDN Srikaton Kediri? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Take and Give dengan media audiovisual terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Srikaton Kediri? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen sehingga terdapat dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Srikaton Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal isian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai t-hitung (10,130) > t-tabel (2,086) dan nilai rata-rata kelas kontrol (49) < 70 (KKM). Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Take and Give dengan media Audiovisual terhadap kemampuan mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Srikaton Kabupaten Kediri. Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) kemampuan siswa pada kelas kontrol dalam mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi sebelum menggunakan model pembelajaran Take and Give dengan media Ausdiovisual pada siswa kelas IV SDN Srikaton Kabupaten Kediri dinyatakan tidak/kurang mampu; (2) kemampuan siswa pada kelas eksperimen dalam mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi setelah menggunakan model pembelajaran Take and Give dengan media Ausdiovisual pada siswa kelas IV SDN Serikaton Kabupaten Kediri dinyatakan mampu/berhasil; dan (3) ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Take and Give dengan media Ausdiovisual terhadap kemampuan mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Serikaton Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-12-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI