PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI SISWA KELAS IV SDN 02 GESIKAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015.


Author (Penulis)

SANTI MEILIASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0318

Abstract

Abstrak Santi Meiliasari : Pengaruh Model Pembelajaran Tari Bambu dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi Siswa Kelas IV SDN02 Gesikan Tulungagung Tahun Ajaran 2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : model pembelajaran tari bambu, media gambar, kemampuan mendiskripsikan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliatian, bahwa pembelajaran IPS khususnya pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV, di SDN 02 Gesikan belum dapat mendeskripsikan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi dengan benar. Hal ini dikarenakan penggunaan metode ceramah yang tidak variatif sering dilaksanakan dalam setiap pembelajaran sehingga aktivitas pembelajaran selalu didominasi oleh guru. Akibatnya suasana kelas monoton,pasif dan membosankan. Berdasarkan latarbelakang tersebut, permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi sebelum menggunakan model pembelajaran tari bambu siswa kelas IV SDN 02 Gesikan Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015?(2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi sesudah menggunakan model pembelajaran tari bambu siswa kelas IV SDN 02 Gesikan Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran tari bambu dengan media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi siswa kelas IV SDN 02 Gesikan Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kelaseksperimen(one group pretest – posttest design)sertamenggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian 25 siswa kelas IV SDN 02 GesikanTulungagung. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal isian.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum diterapkan model pembelajaran tari bamboo dengan media gambar dan sesudah diterapkan model pembelajaran tari bambu dengan media gambar. Nilai rata-rata kelas sebelum menerapkan model pembelajaran tari bamboo dengan media gambar sebesar 52< 70 (KKM) sedangkan nilai rata-rata kelas sesudah menerapkan model pembelajaran tari bamboo dengan media gambar sebesar 85 > 70 (KKM) dan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai thitung (13,636) > ttabel (2,064). Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran tari bambu dengan media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi pada siswa kelas IV SDN 02 Gesikan Tulungagung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI