PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI PANAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI PADA SISWA KELAS IV SDN KRAS I TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

SANDY PRADANA PUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0317

Abstract

ABSTRAK Sandy Pradana Putra: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI PANAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI PADA SISWA KELAS IV SDN KRAS I TAHUN AJARAN 2014-2015, Skripsi, PGSD, FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata kunci: model Group Investigation, sumber energi panas dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan di dunia pendidikan walaupun sudah banyak berganti beberapa kurikulum tetapi guru masih menerapkan metode ceramah atau menggunakan pendekatan teaching center yang mana guru menjadi narasumber dari segala pengetahuan yang akan diterima dan diketahui oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi panas dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian dilaksanakan di SDN Kras 1 Kediri, kelas IV semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk one-group pretes-postest. Subjek penelitian ini yaitu 30 siswa dengan rincian jumlah siswa laki-laki 12 siswa dan perempuan 18 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis yaitu dalam bentuk pilihan ganda 25 soal. Uji analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh t.hitung (5,50) > t.tabel (2,045), maka H1 yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi panas dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) (1) Kemampuan mengidentifikasi sumber energi panas dalam kehidupan sehari-hari pada kelas IV SDN Kras 1 Tahun Ajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dinyatakan kurang maksimal. Hal ini dibuktikan dengan nilai yang diperoleh dari pretest mendapatkan rata-rata di bawah KKM 75 yaitu 74,17. (2) Kemampuan mengidentifikasi sumber energi panas dalam kehidupan sehari-hari pada kelas IV SDN Kras 1 Tahun Ajaran 2014/2015 sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dinyatakan sudah tercapai maksimal. Hal ini dibuktikan dengan nilai yang diperoleh dari posttest mendapatkan rata-rata di atas KKM 75 yaitu 88,17. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi panas dalam kehidupan sehari-hari kelas IV SDN Kras 1 Tahun Ajaran 2014-2015. Hal ini diketahui berdasarkan perolehan dari (5,50) > (2,045) dengan taraf signifikan 5% maka Ho ditolak, sehingga Ha diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI