PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL LEMBAGA-LEMBAGA DALAM SUSUNAN PEMERINTAHAN DESA DAN PEMERINTAHAN KECAMATAN DI KELAS IV SDN BURENGAN 4 KOTA KEDIRI TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

ROHMAN HASYIM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0312

Abstract

Penelitian ini hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model Teams Games Tournament. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan hasil belajar mengenal lembaga-lembaga dalam sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan sebelum menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri. (2) mendeskripsikan hasil belajar mengenal lembaga-lembaga dalam sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan setelah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri. (3) mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament terhadap hasil belajar mengenal lembaga-lembaga dalam sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri tahun 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik penelitian Pre-Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kabupaten Kediri berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen dan validasi tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar mengenal lembaga-lembaga dalam system pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan sebelum menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament di kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri dikategorikan kurang, dengan ketuntasan klasikal < 75%. (2) Hasil belajar mengenal lembaga-lembaga dalam sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan sesudah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament di kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri dikategorikan tinggi, dengan ketuntasan klasikal > 75%. (3) Ada pengaruh hasil belajar materi mengenal lembaga-lembaga dalam susunan Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan menggunakan media visual dalam model pembelajaran Teams Games Tournaments pada siswa kelas IV SDN Burengan Kota Kediri. Kata kunci: Model Teams Games Tournament, Hasil Belajar Mengenal Lembaga-Lembaga dalam Sistem Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI