PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR CERITA DARI TEKS CERITA YANG ADA DALAM MODEL PEMBELAJARAN TANDUR DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS IV
Author (Penulis)
ROHMAN APRILIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0310
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur cerita dari teks cerita dengan menggunakan model pembelajaran TANDUR dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV MIN Doko. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Probability Sampling, terdiri dari 30 siswa kelas IV A diajar dengan model pembelajaran TANDUR dan 30 siswa kelas IV B diajar dengan model pembelajaran konvensional. Kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur cerita diukur dengan tes tertulis pada akhir pembelajaran, dengan hasil mean kelas eksperimen 82,70 dan mean kelas kontrol 57,70. Data yang diperoleh dianalisis dengan Independent t testdengan hasil nilai sig.t hitung 0,000 < 0,05. Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur cerita yang diajar dengan model pembelajaran TANDUR lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.