PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERUBAHAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DENGAN MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN WONOREJO 1 KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

ROBBY IRFANSYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0308

Abstract

ABSTRAK Robby Irfansyah: Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi dengan Model Make a Match Didukung dengan Media Visual pada Siswa Kelas IV SDN Wonorejo 1 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014-2015. Kata kunci: kenampakan, make a match, media visual Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan didominasi peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari kemampuan mengidentifikasi siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah aktivitas siswa kelas IV SDN Wonorejo 1 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri dalam mengidentifikasi perubahan kenampakan permukaan bumi dengan menggunakan penerapan model make a match? (2) Bagaimana strategi pembelajaran yang dilakukan guru kelas IV SDN Wonorejo 1 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri dalam mengidentifikasi perubahan kenampakan permukaan bumi dengan menggunakan penerapan model make a match? (3) Apakah dengan menggunakan penerapan model make a match dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi perubahan kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 1 kecamatan Wates Kabupaten Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Wonorejo 1 kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan pembelajaran model make a match sehingga meningkatkan aktivitas belajar siswa (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan pembelajaran model make a match sehingga meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan pembelajaran model make a match sehingga meningkatkan kemampuan mengidentifikasi siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan model pembelajaran make a match adalah untuk menembangkan kemampuan kerjasama. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksan pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kerja kelompok. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah model make a match sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI