PENGARUH MODEL MAKE A MATCH PADA KEGIATAN MENJELASKAN CIRI-CIRI DATARAN TINGGI DAN DATARAN RENDAH TERHADAP PENGETAHUAN SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN BALOWERTI 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RIZQI KHOLISHOH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0307

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi dari hasil wawancara dan pengamatan peneliti bahwa guru masih cenderung menggunakan model pembelajaran ceramah, sehingga siswa tidak tertarik dan merasa bosan pada saat guru menjelaskan khususnya pada materi menjelaskan ciri-ciri dataran tinggi dan dataran rendah terhadap pengetahuan sumber daya alam. Seharusnya guru sebagai moderator, fasilitator, serta moderator lebih selektif dalam memiih model pembelajaran yang dapat membangkitkan minat belajar dan menarik bagi siswanya. Sehingga dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan rasa keingintahuan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam materi sumber daya alam siswa memerlukan cara belajar yang tepat, sehingga siswa mudah memahami materi pelajaran. Dengan komposisi materi yang banyak membutuhkan hafalan, maka tidak tepat apabila guru hanya menggunakan model ceramah. Bertolak dari keadaan itu maka dalam penelitian ini mencoba untuk menggunakan model make a match dalam menjelaskan ciri-ciri dataran tinggi dan dataran rendah terhadap pengetahuan sumber daya alam dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengetahui hasil belajar ciri-ciri dataran tinggi dan dataran rendah terhadap pengetahuan sumber daya alam tanpa menggunakan model Make a Match pada siswa kelas IV SDN Balowerti 3 Kota Kediri. (2) Mengetahui hasil belajar ciri-ciri dataran tinggi dan dataran rendah terhadap pengetahuan sumber daya alam dengan menggunakan model Make a Macth pada siswa kelas IV SDN Balowerti 3 Kota Kediri. (3) Menggunakan bahwa model Make a Match mempunyai pengaruh atau tidak terhadap hasil belajar ciri-ciri dataran tinggi dan dataran rendah terhadap pengetahuan sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN Balowerti 3 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-eksprimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Adapun objek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Balowerti Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan instrument berupa 1 unit perangkat pembelajaran dan 1 unit tes hasil belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) dapat dibuktikan dari hasil analisis data bahwa tanpa menggunakan model make a match hasil belajar siswa mengalami penurunan sehingga niai rata-rata siswa tidak memenuhi niai KKM. (2) dapat di buktikan dengan menggunakan model make a match hasi belajar siswa dalam materi dataran tinggi dan dataran rendah siswa mengalami peningkatan sehingga nilai rata-rata siswa memenuhi KKM. (3) dengan menggunakan model make a match dapat mempengaruhi hasi belajar siswa mengenai ciri-ciri dataran tinggi dan dataran rendah terhadap pengetahuan sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN Balowerti 3 Kota Kediri. Dari hasil analisa menunjukkan thitung > ttabel baik dari tarif signifikan 5 % yaitu thitung (2,31) > ttabel (2,00) dan niai rata-rata sebelum menggunakan model make a match 67 < 70 (KKM) nilai rata-rata menggunakan model make a match 75 > 70 (KKM). Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match yang sangat senigfikan terhadap hasil belajar IPS materi menjelaskan ciri-ciri dataran tinggi dan dataran rendah terhadap pengetahuan sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN Balowerti 3 Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci: make a match, hasil belajar tentang sumber daya alam

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI