PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN HASIL PENGAMATAN GERAK BENDA PADA SISWA KELAS III SDN MRICAN 1 KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

RIZKA DWI KRISTANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0304

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan diskusi peneliti dengan guru kelas bahwa pada mata pelajaran IPA kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan gerak benda pada siswa rendah, dikarenakan guru mendominasi pembelajaran dan hanya menggunakan model pembelajaran konvensional atau ceramah sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran di kelas. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menyimpulkan hasil peng-amatan gerak benda menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SDN Mrican 1 Kota Kediri? (2) Bagaimana kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan gerak benda menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas III SDN Mrican 1 Kota Kediri? (3) Seberapa signifikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan gerak benda pada siswa kelas III SDN Mrican 1 Kota Kediri?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Mrican 1 Kota Kediri yang terdiri dari dua kelompok yaitu eksperimen (21 siswa) dan kontrol (21 siswa). Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa adalah soal pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda dan uraian. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan gerak benda menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SDN Mrican 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014-2015 dinyatakan cukup dibuktikan dengan prosentase 38,10% dari jumlah siswa yang mampu menyimpulkan hasil pengamatan gerak benda. (2) Kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan gerak benda menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas III SDN Mrican 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014-2015 dinyatakan tinggi dibuktikan dengan prosentase 90,48% dari jumlah siswa yang mampu menyimpulkan hasil pengamatan gerak benda. (3) Sangat signifikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan gerak benda pada siswa kelas III SDN Mrican 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014-2015. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai probabilitas yang lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,004 < 0,05, sehingga Ho ditolak pada taraf signifikan 5% dan Ha diterima

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI