PENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV DI SDN GAYAM 2 KOTA KEDIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
RIZKA DWI HARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0303
Abstract
ABSTRAK
Penelitian dilatarbelakangi hasil pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif, siswa tidak aktif, yang pada akhirnya mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengenal perkembangan teknologi komunikasi tanpa menggunakan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan tanpa mengunakan media gambar pada siswa kelas IV? (2) Bagaimana kemampuan mengenal perkembangan teknologi komunikasi menggunakan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media gambar pada siswa kelas IV? (3) Adakah pengaruh metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan mengenal perkembangan teknologi komunikasi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Gayam 2. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali, menggunakan instrumen berupa, lembar silabus, lembar RPP, lembar bahan ajar, lembar media pembelajaran, dan prestest-posttest.
Kesimpulan hasil penelitian: (1) Pembelajaran dengan menerapkan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada kelas eksperimen terbukti efektif karena meningkatkan hasil belajar sebesar 29,00, hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam mengenal materi perkembangan teknologi komunikasi yang memperoleh rata-rata sebesar 83,38. (2) Pembelajaran tanpa menerapkan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada kelas kontrol juga mengalami peningkatan sebesar 17,11, hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam mengenal materi perkembangan teknologi komunikasi yang memperoleh rata-rata sebesar 71,83. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan menerapkan Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan tanpa menerapkan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada kelas kontrol.
Kata kunci : Student Teams Achievement Divisions (STAD), Teknologi Komunikasi, Media Gambar.