PENGARUH MODEL TWO-STAY TWO-STRAY DENGAN MEDIA MAGNET DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BENDA MAGNETIS DAN TIDAK MAGNETIS DARI KEGIATAN PERCOBAAN YANG DI LAKUKAN TERHADAP PENGETAHUAN GAYA MAGNET PADA SISWA KELAS IV SDN PUNCU I KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
RINA AYUNINGTIYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0298
Abstract
ABSTRAK
RINA AYUNINGTIYAS : Pengaruh Model Two-Stay Two-Stray dengan Media magnet dalam Kegiatan Pembelajaran Benda Magnetis dan Tidak Magnetis dari Kegiatan Percobaan yang di Lakukan Terhadap Pengetahuan Gaya Magnet pada Siswa Kelas IV SDN Puncu I Kabupaten Kediri”. Skripsi. PGSD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI, 2015.
Kata kunci : Model pembelajaran, Pembelajaran kooperatif, Model Two-stay Two-stray
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada materi gaya magnet pada siswa kelas IV, SDN Puncu I kesulitan dalam membedakan benda magnetis dan tidak magnetis.
Adapun tujuan penelitian bertolak dari rumusan masalah diatas, maka penelitian ini memiliki tujuan 1) Untuk mengetahui pengetahuan gaya magnet dalam kegiatan pembelajaran benda magnetis dan tidak magnetis sebelum menggunakan model two-stay two-stray dengan media magnet pada siswa kelas IV di SDN PUNCU I Kabupaten Kediri. 2) Untuk mengetahui pengetahuan gaya magnet dalam kegiatan pembelajaran benda magnetis dan tidak magnetis sesudah menggunakan modeltwo-stay two-stray dengan media magnet pada siswa kelas IV di SDN PUNCU I Kabupaten Kediri. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh model two-stay two-stray dengan media magnet dalam kegiatan pembelajaran benda magnetis dan tidak magnetis dari kegiatan percobaan yang di lakukan terhadap pengetahuan gaya magnet pada siswa kelas IV SDN PUNCU I Kabupaten Kediri.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Pre-Experimental bentuk One-Group Pretest-Posttest Design maka untuk mengetahui hasil dari sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan dengan cara menggunakan instrumen berupa RPP dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena data – data variabel penelitian cenderung bersifat numerik atau angka-angka dan analisis mengunakan statistika.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, maka dapat disajikan beberapa simpulan berikut : 1) Siswa kelas IV SDN PUNCU I Semester 1 Tahun Ajaran 2014/2015 yang melakukan pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajaran two-stay two-stray memiliki kemampuan rata-rata 67,68 dibawah KKM 75. 2) Siswa kelas IV SDN PUNCU I Semester 1 Tahun Ajaran 2014/2015 yang setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran two-stay two-stray memiliki kemampuan lebih tinggi di banding sebelum menggunakan model pembelajaran two-stay two-stray rata-rata 80,56 diatas KKM 75. 3) Ada pengaruh signifikan model two-stay two-stray dengan media magnet dalam kegiatan pembelajaran benda magnetis dan tidak magnetis dari kegiatan percobaan pada siswa kelas IV SDN PUNCU I Kabupaten Kediri.