PENGARUH METODE INQUIRY DIDUKUNG MEDIA KERTAS WARNA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SDN CAMPUREJO 2 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015


Author (Penulis)

RIMA MARIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0297

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara guru dan siswa dengan sumber belajar dalam lingkungan yang edukatif. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran Matematika di SD masih berpusat pada guru, siswa hanya pasif. Guru kurang kreatif dan kurang tepat dalam memilih metode ataupun media yang digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya pemahaman kebenaran konsep yang harusnya diperoleh secara nyata, logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif.Siswa menjadi mudah bosan, suasana kelas ramai, dan monoton. Maka pada pembelajaran matematika guru hendaknya memperhatikan betul metode dan media yang digunakan agar siswa menjadi lebih memahami konsep dan lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Inquiry adalah suatu proses yang berpusat pada siswa, yaitu peserta didik ikut terlibat dalam proses belajar mengajar. Inquiry dapat lebih bermakna jika terdapat media di dalamnya. Pembelajaran matematika dengan metode inquiry tentang mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar akan lebih baik apabila menggunakan media. Media adalah alat untuk membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa.Media yang cocok yaitu media kertas warna. Dapat dikatakan bahwa inquiry didukung media kertas warna merupakan suatu cara yang sesuai untuk menyampaikan materi pada siswa tentang sifat-sifat bangun datar. Penggunaan metode inquiry didukung media kertas warna dalam pengajaran matematika ini, khususnya dalam hal kemampuan mengindentifikasi sifat-sifat bangun datar sangat cocok untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi ini. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Campurejo 2 Kota Kediri yang dilakukan pada siswa kelas V A berjumlah 41 siswa dan kelas V B berjumlah 41 siswa.Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan teknik tes yaitu tes butir soal.Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik Uji-t. Berdasarkan data analisis penelitian dapat diketahui mean hasil belajar sifat-sifat bangun datar tanpa menggunakan metode inquiry didukung media kertas warna adalah 71,34 dan mean hasil belajar sifat-sifat bangun datar dengan menggunakan metode inquiry didukung media kertas warna 76,78. Sedangkan pengaruh metode inquiry didukung media kertas warna terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar terbukti dengan t hitung 2,133 lebih besar daripada t tabel yaitu 1,99 pada taraf signifikansi 5 %. Dengan demikian, siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015 dapat meningkatkan kemampuan penguasaan konsep belajar dengan baik apabila menggunakan metode inquiry didukung media kertas warna. ABSTRACT Learning is a process of interaction between teachers and students with learning resources in the educational environment. The background of this research was the observation and experience of research learning mathematic in elementary school are still teacher center, students only passively. Teacher are creative less and precise less in choosing the method or media used in learning. This resulted in a lack of understanding of the concept of truth which should be obtained in real time, logical, analytical, systematic, critical, creative. Students become easily bored, lively classroom atmosphere, and monoton. So learning of mathematic teachers should pay attention to correct method and media that are used to make students understand the concept become more and interested in participating in the learning process. Inquiry is a process centered on the student, the students involved in the learning process. Inquiry can be more meaningful if there is media in it. Mathematics learning with inquiry method of identify properties of flat build to better when using media. Media is a tool to assist teachers in presenting the material to the students. Media match of color paper. It can be said the inquiry supported color paper media is an appropriate way to deliver material to the students about the properties of flat build. Use method of inquiry supported color paper media in mathematics teaching, especially in terms of ability to identify the properties of flat build is suitable for improving student learning outcomes in this material. This study was conducted in SDN Campurejo 2 Kediri done in class 41 students VA and VB class 41 students. To collect research data used test technique that test items. Data were analyzed using t-test technique. Based on data analysis of this research is the mean result of learning the properties of flat bulid without using the method of inquiry supported media color paper is 71.34 and the mean result of learning the properties of flat build using supported media inquiry 76.78 color paper. While the influence of methods of inquiry supported media color paper on the ability to identify the properties of flat wake as evidenced by the t 2,133 bigger than t table is 1,99 on the significan level of 5%. So, students of class V SDN Campurejo 2 Kediri in the school year 2015 to improve the ability mastery of concepts learn best when using inquiry method supported media color paper. . Kata Kunci: :Inquiry, Media, Kemampuan mengidentifikasi, Matematika.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI