PENGARUH STRATEGI BELAJAR CONCEPT MAPPING DENGAN MEDIA BENDA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN ENERGI DAN PENGARUHNYA SISWA KELAS III SDN LENGKONG 1
Author (Penulis)
RIA LUVITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0294
Abstract
PENGARUH STRATEGI BELAJAR CONCEPT MAPPING DENGAN MEDIA BENDA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN ENERGI DAN PENGARUHNYA SISWA KELAS III SDN LENGKONG 1
Ria Luvita
11.1.01.10.0294
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
rialuvita8@gmail.com
Dosen Pembimbing 1 : Agus Widodo, S.Pd.,M.Pd
Dosen Pembimbing 2 : Alfi Laila, S.Pd.I.,M.Pd.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan menjelaskan energi dan pengaruhnya menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan strategi belajar yang tepat digunakan yaitu dengan strategi concept mapping.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan permasalahan penelitian sebagai berikut. (1) Bagaimana kemampuan belajar siswa dalam menjelaskan energi dan perubahannya sebelum menggunakan strategi belajar concept mapping pada kelas III SDN Lengkong 1? (2) Bagaimana kemampuan belajar siswa dalam menjelaskan energi dan perubahannya setelah menggunakan strategi belajar concept mapping pada kelas III SDN Lengkong 1? (3) Adakah pengaruh penggunaan strategi belajar concept mapping terhadap kemampuan siswa dalam menjelaskan energi dan perubahannya?
Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Pre-eksperimental dengan One-Group Pretest- Posttest. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Lengkong 1 Kec. Lengkong Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan belajar siswa kelas III SDN Lengkong 1 dalam menjelaskan energi dan perubahannya sebelum menggunakan strategi belajar concept mapping <50% siswa yang mampu menjelaskan energi dan perubahannya hal ini terbukti setelah data hasil test tersebut ditulis dalam bentuk tabulasi data dan dihitung dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 16,0,yang menunjukkan nilai KKM yaitu 53.7500 < 75.(2) Kemampuan belajar siswa kelas III SDN Lengkong 1 dalam menjelaskan energi dan perubahannya setelah menggunakan strategi belajar concept mapping ? 50 % siswa mampu menjelaskan energi dan perubahnnya, terbukti bahwa rata-rata nilai siswa diatas nilai KKM yaitu 81.0417 > 75 ini berarti kemampuan menjelaskan energi dan perubahannya mengalami peningkatan sesudah diterapkannya strategi belajar Concept Mapping didukung media benda konkrit. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada kemampuan menjelaskan energi dan kegunaannya dengan menggunakan strategi Concept Mapping didukung media benda konkrit.
Kata Kunci: Concept Mapping,Kemampuan siswa, media benda konkrit, Energi