PENGARUH MODEL MAKE A MATCH DIDUKUNG MEDIA 3D TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SDA DAN POTENSI LAIN PADA SISWA KELAS IV SDN CAMPUREJO 2 KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RESTY VIVIANASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0290

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan mengidentifikasi aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan penerapan model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu dengan penerapan Model Make A Match. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Apakah model Make A Match didukung media 3D berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasikan Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan SDA dan potensi lain pada siswa kelas IV di SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015?. (2)Apakah model Make A Match tanpa didukung media 3D berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasikan Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan SDA dan potensi lain pada siswa kelas IV di SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015?. (3)Adakah perbedaan pengaruh model Make A Match didukung media 3D dibandingkan dengan Make A Match tanpa didukung media 3D terhadap kemampuan mengidentifikasikan Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan SDA dan potensi lain pada siswa kelas IV di SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015? Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Eksperimentaldengan posttest-Only Control Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1)Penggunaan Make A Matchdidukung media 3D berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasikan Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan SDA dan potensi lain, hal ini terbukti dengan tingginya harga thitung (7,514) > ttabel (2,707).serta dengan tingginya harga dengan ketuntasan mencapai 79% diatas KKM. (2)Penggunaan Make A Match tanpa didukung media 3Dberpengaruh cukup signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasikan Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan SDA dan potensi lain,thitung (3,726) > ttabel (2,707) namun demikian ketuntasan masih kurang dari 75% terhadap KKM tepatnya 31%.(3)Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara Make A Match didukung media 3Ddibanding Make A Match tanpa didukung media 3Dberpengaruh cukup signifikan dengan ketuntasan klasikal sebesar 79%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Make A Match, Media 3D, mengidentifikasi aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI