PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA KEGIATAN BEREKSPLORASI DENGAN BENTUK GEOMETRI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PENGUBINAN KELAS IVSDN JAMBEAN I KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

RENI RAHAYU SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0289

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika khususnya pada materi konsep pengubinan di kelas IV di SDN Jambean I siswa belum dapat menguasai konsep pengubinan dengan benar. Hal ini dikarenakan pembelajaran di kelas masih didominasi oleh guru, dan kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan guru di dalam kelas. Akibatnya banyak siswa yang bersikap pasif dalam menerima pelajaran, sehingga hasil belajarnya pun rendah. Untuk itu diperlukankan model pembelajaran yang inovatif, misalnya TGT agar siswa menjadi lebih aktif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan siswa terhadap penguasaan konsep pengubinan pada kegiatan bereksplorasi dengan bentuk geometri dengan menggunakan model konvensional? (2) Bagaimanakah kemampuan siswa terhadap penguasaan konsep pengubinan pada kegiatan bereksplorasi dengan bentuk geometri menggunakan model pembelajaran TGT dengan pendekatan kontekstual? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran TGT dengan pendekatan kontekstual terhadap penguasaan konsep pengubinan pada kegiatan bereksplorasi dengan bentuk geometri? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen sehingga terdapat dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Jambean I. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% yang menunjukkan nilai p-value/sig. (0) < ? (0,05) dan nilai rata-rata kelas kontrol (66,96)<68 (KKM). Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT dengan pendekatan kontekstual terhadap penguasaan konsep pengubinan pada siswa kelas IV SDN Jambean I Kabupaten Kediri. Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) kemampuan siswa pada kelas kontrol dalam penguasaan konsep pengubinan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SDN Jambean I Kabupaten Kediri dinyatakan kurang mampu; (2) kemampuan siswa pada kelas eksperimen dalam penguasaan konsep pengubinan menggunakan model pembelajaran TGT dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN Jambean I Kabupaten Kediri dinyatakan mampu/berhasil; dan (3) ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran TGT dengan pendekatan kontekstual terhadap penguasaan konsep pengubinan pada siswa kelas IV SDN Jambean I Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI