PENGARUH MODEL ROLE PLAYING DALAM KEGIATAN MEMECAHKAN MASALAH TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN TERHADAP KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS IV SD


Author (Penulis)

REGIA BERNADETTA A
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0287

Abstract

PENGARUH MODEL ROLE PLAYING DALAM KEGIATAN MEMECAHKAN MASALAH TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN TERHADAP KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS IV SD Regia bernadetta Algi 11.1.01.10.0287 Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar regiabernadetta@gmail.com Pembimbing 1: Pembimbing 2: Dr. Suryanto, M.Si Dra. Dwi Ari Budiretnani, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Kata kunci: Model Role playing, Keterampilan Berdiskusi, Hak dan Kewajiban Anak Penelitian ini dilatar belakangi pengajaran PKn pada siswa sekolah dasar untuk memperkenalkan pendidikan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari. Namun terdapat hal yang menjadi kendala yaitu keterbatasan model dalam menyampaikan pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model role playing dalam kegiatan memecahkan masalah tentang hak dan kewajiban terhadap keterampilan berdiskusi siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tunggulsari dan siswa kelas IV SDN Ringinpitu 2. Penelitian ini menggunakan instrument pembelajaran lengkap dan tes berupa post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa data perolehan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol SDN Ringinpitu 2 sebesar 85 sedangkan kelas eksperimen SDN Tunggulsari sebesar 91. Dari Uji Wald-Wolfowitz yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model role playing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berdiskusi tentang hak dan kewajiban pada siswa kelas IV SDN Tunggulsari. ABSTARCT Key Word : Model of Role playing, Discussion skills, Right and Obligations of Children. This research is motivated Pkn teaching in primary school students to introduce civic education in everyday life. But they are things that become obstacles that limitations of the model in delivering civics. The purpose of this study was to determine the effect role playing models in solving models problems concerning the right and obligations of the skills of the students discuss fourth grade. This study uses a quantitative approach to research subject fourth grade students of SDN Ringinpitu 2. This study uses a completed learning and test instruments in the form of post-test. Research shows that the data acquisition value of the average post-test on the control class SDN Ringinpitu 2 by 85, while the experimental class SDN Tunggulsari of 91. SDN Tunggulsari of Wald-Wolfowitz test is done it can be concluded that the use of models role playing has a siqnificant influence on the discussion about skills the right and obligation of the fourth grade students of SDN Tunggulsari. Kata kunci: model Roleplaying, Keterampilan Berdiskusi, hak dan Kewajiban Anak

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI