PENGARUH MODEL ROLE PLAYING DALAM KEGIATAN MEMECAHKAN MASALAH TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN TERHADAP KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS IV SD
Author (Penulis)
REGIA BERNADETTA A
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0287
Abstract
PENGARUH MODEL ROLE PLAYING DALAM KEGIATAN
MEMECAHKAN MASALAH TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN
TERHADAP KETERAMPILAN BERDISKUSI
SISWA KELAS IV SD
Regia bernadetta Algi
11.1.01.10.0287
Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
regiabernadetta@gmail.com
Pembimbing 1: Pembimbing 2:
Dr. Suryanto, M.Si Dra. Dwi Ari Budiretnani, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Kata kunci: Model Role playing, Keterampilan Berdiskusi, Hak dan Kewajiban Anak
Penelitian ini dilatar belakangi pengajaran PKn pada siswa sekolah dasar untuk memperkenalkan pendidikan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari. Namun terdapat hal yang menjadi kendala yaitu keterbatasan model dalam menyampaikan pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model role playing dalam kegiatan memecahkan masalah tentang hak dan kewajiban terhadap keterampilan berdiskusi siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tunggulsari dan siswa kelas IV SDN Ringinpitu 2. Penelitian ini menggunakan instrument pembelajaran lengkap dan tes berupa post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa data perolehan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol SDN Ringinpitu 2 sebesar 85 sedangkan kelas eksperimen SDN Tunggulsari sebesar 91. Dari Uji Wald-Wolfowitz yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model role playing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berdiskusi tentang hak dan kewajiban pada siswa kelas IV SDN Tunggulsari.
ABSTARCT
Key Word : Model of Role playing, Discussion skills, Right and Obligations of Children.
This research is motivated Pkn teaching in primary school students to introduce civic education in everyday life. But they are things that become obstacles that limitations of the model in delivering civics. The purpose of this study was to determine the effect role playing models in solving models problems concerning the right and obligations of the skills of the students discuss fourth grade. This study uses a quantitative approach to research subject fourth grade students of SDN Ringinpitu 2. This study uses a completed learning and test instruments in the form of post-test. Research shows that the data acquisition value of the average post-test on the control class SDN Ringinpitu 2 by 85, while the experimental class SDN Tunggulsari of 91. SDN Tunggulsari of Wald-Wolfowitz test is done it can be concluded that the use of models role playing has a siqnificant influence on the discussion about skills the right and obligation of the fourth grade students of SDN Tunggulsari.
Kata kunci: model Roleplaying, Keterampilan Berdiskusi, hak dan Kewajiban Anak