PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUANMENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN KRAS 1 KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RATNA SULIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0286

Abstract

Abstrak Ratna Suliati : Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-sifat Cahaya Pada Siswa kelas V SDN Kras 1 Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015,Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: metode eksperimen ,mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran yang dilaksanakan sebagian besar masih berpusat pada guru (teacher center) dimana siswa hanya berperan pasif mendengarkan penjelasan. Guru dengan penerapan metode ceramah saja. Penggunaan metode ceramah tanpa didukung metode lain yang mampu melibatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran akan meatikan kreativitas siswa . Bertolak dari keadaan tersebut maka peneliti menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatankemampuan siswa dalam mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah metode Eksperimen berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahayapada siswa kelas V A?(2) Apakah metode Ceramah berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahayapada siswa kelas V B(3) Apakah terdapat perbedaan pengaruh penggunaan metode Eksperimen dibanding metode Ceramah terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahayapada siswa kelas V? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas V SDN Kras 1 Kecamatan Kras Kabupaten Kediri yang berjumlah 78 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode Eksperimen berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, hal ini terbukti dari nilai t hitung (14,409) > ttabel (2,707) pada taraf signifikansi 1%. (2) Penggunaan metode Ceramah sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, hal ini terbukti dari nilai thitung (8,048) > ttabel (2,707) pada taraf signifikansi 1%. (3) Terdapat perbedaan pengaruh sangat signifikan penggunaan metode Eksperimen dibanding metode Ceramah terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahayapada siswa kelas V SDN Kras 1 KecamatanKras Kabupaten Kediri. Hal ini terbukti dari nilai thitung (9,015) > ttabel (2,643) pada taraf signifikansi 1%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI