PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUANMENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN KRAS 1 KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
RATNA SULIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0286
Abstract
Abstrak
Ratna Suliati : Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan
Mendeskripsikan Sifat-sifat Cahaya Pada Siswa kelas V SDN Kras 1 Kecamatan
Kras Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015,Skripsi, PGSD, FKIP UNP
Kediri, 2015.
Kata kunci: metode eksperimen ,mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa
pembelajaran yang dilaksanakan sebagian besar masih berpusat pada guru
(teacher center) dimana siswa hanya berperan pasif mendengarkan penjelasan.
Guru dengan penerapan metode ceramah saja. Penggunaan metode ceramah tanpa
didukung metode lain yang mampu melibatkan peran aktif siswa dalam kegiatan
pembelajaran akan meatikan kreativitas siswa . Bertolak dari keadaan tersebut
maka peneliti menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA dengan
tujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatankemampuan siswa dalam
mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah metode Eksperimen
berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahayapada siswa
kelas V A?(2) Apakah metode Ceramah berpengaruh terhadap kemampuan
mendeskripsikan sifat-sifat cahayapada siswa kelas V B(3) Apakah terdapat
perbedaan pengaruh penggunaan metode Eksperimen dibanding metode Ceramah
terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahayapada siswa kelas V?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control
Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu,
seluruh siswa kelas V SDN Kras 1 Kecamatan Kras Kabupaten Kediri yang
berjumlah 78 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas V A
sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode eksperimen dan kelas V
B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa: (1) Penggunaan metode Eksperimen berpengaruh sangat signifikan
terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, hal ini terbukti dari nilai
t
hitung (14,409) > ttabel (2,707) pada taraf signifikansi 1%. (2) Penggunaan metode
Ceramah sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya, hal ini terbukti dari nilai thitung (8,048) > ttabel (2,707) pada taraf
signifikansi 1%. (3) Terdapat perbedaan pengaruh sangat signifikan penggunaan
metode Eksperimen dibanding metode Ceramah terhadap kemampuan
mendeskripsikan sifat-sifat cahayapada siswa kelas V SDN Kras 1
KecamatanKras Kabupaten Kediri. Hal ini terbukti dari nilai thitung (9,015) > ttabel
(2,643) pada taraf signifikansi 1%.