PENGARUH MODEL MIND MAPPING DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGOLONGKAN MAKHLUK HIDUP SECARA SEDERHANA KELAS III SDN SUMBERAGUNG 1 TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

RARAS AGRANING LAKSMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0285

Abstract

ABSTRAK RarasAgraningLaksmi: Pengaruh Model Mind Mapping Didukung Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Menggolongkan Makhluk Hidup Secara Sederhana Kelas III SDN SUMBERAGUNG1 1 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri TahunPelajaran 2014/2015. Skripsi.Kediri : Program StudiIlmu Pendidikan. Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. UN PGRI KEDIRI.Kata Kunci :Mind Mapping, Model Pembelajaran, IPA, Hasil Belajar. Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan di dunia pendidikan walaupun sudah banyak berganti beberapa kurikulum tetapi guru masih menerapkan metode ceramah atau menggunakan pendekatan teaching center yang mana guru menjadi narasumber dari segala pengetahuan yang akan diterima dan diketahui oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh menggunakan model pembelajaran Mind Mapping sebelum ataupun sesudah menggunakan model pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar siswa dalam menggolongkan mahkluk hidup secara sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberagung 1 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, kelas III semester 1 tahun pelajaran 2014/2015.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan pre-experimental bentuk one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini meliputi 22 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis yaitu dalam bentuk pilahan ganda 15 soal. Uji normalitas hasil tes mengguakan chi-kuadrat denganX2hitung 4,85 , X2tabel pada ? = 0,05 dan dk = 4 adalah 9,488 dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji analisis data dengan menggunakanuji-t diperoleh (3,802) > (2,045), maka H1 yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelejaran Mind Mapping terhadap hasil belajar dalam menggolongkan mahkluk hidup secara sederhana. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan Mind Mapping didukung media gambar terhadap hasil belajar menggolongkan mahkluk hidup secara sederhana.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah : (1) Tujuan pokok penggunaan model pembelajaran Mind Mapping ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengidentifikasi suatu masalah, serta mengaktifkan siswa dalampembelajaran. (2) Sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran Mind Mapping ini, dan juga harus lebih memperbanyak memberikan masalah-masalah atau contoh-contoh yang ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi dan siswa lebih mengetahui manfaat mempelajari IPA dalam kehidupans sehari-hari. Kata Kunci :Mind Mapping, Model Pembelajaran, IPA, Hasil Belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI