PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DALAM KEGIATAN MENGAMATI DAN MENCERITAKAN GAMBAR KEBERSAMAAN DALAM KELUARGA PADA SISWA KELAS I SDN PUNCU 1 KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

RANY WAHYU SETYARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0284

Abstract

ABSTRAK RANY WAHYU SETYARINI: “Pengaruh Model Concept Sentence Melalui Media Gambar Seri dalam Kegiatan Mengamati dan Menceritakan Gambar Kebersamaan dalam Keluarga Pada Siswa Kelas I SDN Puncu 1 Kabupaten Kediri”, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: metode concept sentence, kemampuan menceritakan gambar kebersamaan dalam keluarga. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran PKN termasuk pembelajaran yang disampaikan mencakup berbagai wawasan dan pengetahuan yang terdapat pada lingkungan alam dan lingkungan sosial. Pembelajaran di sekolah bertujuan agar siswa dapat memperoleh kemampuan berfikir logis, kritis dan sistematis untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah yaitu sebagai berikut: 1).Bagaimanakah kemampuan siswa dalam kegiatan mengamati dan menceritakan gambar kebersamaan dalam keluarga sebelum menggunakan model concept sentence pada siswa kelas I SDN Puncu 1 Kabupaten Kediri? 2).Bagaimanakah kemampuan siswa dalam kegiatan mengamati dan menceritakan gambar kebersamaan dalam keluarga setelah menggunakan model concept sentence pada siswa kelas I SDN Puncu 1 Kabupaten Kediri? 3).Adakah pengaruh model Concept Sentence melalui media gambar seri dalam kegiatan mengamati dan menceritakan gambar kebersamaan dalam keluarga terhadap pengetahuan kebersamaan dalam keluarga pada siswa kelas 1 SDN Puncu I Kecamatan PuncuKabuaten Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas I SDN Puncu I Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPP dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis uji t diperoleh =3,65 dan =2,080 untuk taraf signifikan 5% dan =1,721 untuk taraf signifikan 1% dengan df/db=21, maka dengan demikian dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah “Ada pengaruh signifikan model Consept Sentence melalui media gambar seri terhadap pengetahuan tentang mengamati dan menceritakan gambar kebersamaan dalam keluarga pada siswa kelas I SDN Puncu 1 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015” dan “Hasil belajar PPKn materi mengamati dan menceritakan gambar kebersamaan bersama keluarga sesudah menggunaan Model Consept Sentence lebih baik dibandingkan dengan sebelum menggunaan Model Consept Sentence”. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan model Consept Sentence dalam kegiatan pembelajaran dapat memunculkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Siswa dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga mendapatkan pengalaman secara langsung, model ini juga dapat menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan ketrampilan siswa dan membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI