PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DALAM KEGIATAN MENGAMATI DAN MENCERITAKAN GAMBAR KEBERSAMAAN DALAM KELUARGA PADA SISWA KELAS I SDN PUNCU 1 KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
RANY WAHYU SETYARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0284
Abstract
ABSTRAK
RANY WAHYU SETYARINI: “Pengaruh Model Concept Sentence Melalui
Media Gambar Seri dalam Kegiatan Mengamati dan Menceritakan Gambar
Kebersamaan dalam Keluarga Pada Siswa Kelas I SDN Puncu 1 Kabupaten
Kediri”, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: metode concept sentence, kemampuan menceritakan gambar
kebersamaan dalam keluarga.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman
peneliti, bahwa pembelajaran PKN termasuk pembelajaran yang disampaikan
mencakup berbagai wawasan dan pengetahuan yang terdapat pada lingkungan
alam dan lingkungan sosial. Pembelajaran di sekolah bertujuan agar siswa dapat
memperoleh kemampuan berfikir logis, kritis dan sistematis untuk diterapkan
dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan
masalah yaitu sebagai berikut: 1).Bagaimanakah kemampuan siswa dalam
kegiatan mengamati dan menceritakan gambar kebersamaan dalam keluarga
sebelum menggunakan model concept sentence pada siswa kelas I SDN Puncu 1
Kabupaten Kediri? 2).Bagaimanakah kemampuan siswa dalam kegiatan
mengamati dan menceritakan gambar kebersamaan dalam keluarga setelah
menggunakan model concept sentence pada siswa kelas I SDN Puncu 1
Kabupaten Kediri? 3).Adakah pengaruh model Concept Sentence melalui media
gambar seri dalam kegiatan mengamati dan menceritakan gambar kebersamaan
dalam keluarga terhadap pengetahuan kebersamaan dalam keluarga pada siswa
kelas 1 SDN Puncu I Kecamatan PuncuKabuaten Kediri ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek
penelitian siswa kelas I SDN Puncu I Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan
dalam dua kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPP dan tes hasil
belajar siswa.
Berdasarkan analisis uji t diperoleh =3,65 dan =2,080 untuk taraf
signifikan 5% dan =1,721 untuk taraf signifikan 1% dengan df/db=21, maka
dengan demikian dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulannya adalah “Ada pengaruh signifikan model Consept Sentence
melalui media gambar seri terhadap pengetahuan tentang mengamati dan
menceritakan gambar kebersamaan dalam keluarga pada siswa kelas I SDN
Puncu 1 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015” dan “Hasil belajar PPKn
materi mengamati dan menceritakan gambar kebersamaan bersama keluarga
sesudah menggunaan Model Consept Sentence lebih baik dibandingkan dengan
sebelum menggunaan Model Consept Sentence”.
Berdasarkan hasil penelitian penggunaan model Consept Sentence dalam
kegiatan pembelajaran dapat memunculkan kreativitas siswa dalam proses
pembelajaran. Siswa dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga
mendapatkan pengalaman secara langsung, model ini juga dapat menciptakan
kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan ketrampilan siswa dan
membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan.