PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM-ACHIEVMENT DEVISIONS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI HUBUNGAN ANTAR BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN 2 BESUKI KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RANU WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0283

Abstract

ABSTRAK Ranu Widodo: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team-Achievment Devisions) Terhadap Kemampuan Memahami Hubungan Antar Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN 2 Besuki Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Kediri: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Pembimbing: (I) Drs. Darsono, M.Kom, (II) Aan Nurfahrudianto, S.Pd., M.Pd. Rendahnya pemahaman siswa dalam belajar matematika dipengaruhi adanya kesenjangan IPTEK yang terjadi sehingga pengajaran yang dilakukan oleh guru belum maksimal seperti penggunaan media serta model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Karena kurang maksimalnya pemilihan model pembelajaran mengakibatkan siswa kurang leluasa mengekspresikan ide-idenya. Membuat situasi pembelajaran Matematika di sekolah menjadi kaku akibatnya pemahaman konsep siswa dalam belajar matematika menjadi kurang optimal. Kondisi seperti itu melatarbelakangi penelitian ini, di samping keluhan yang disampaikan guru kelas IV SDN 2 Besuki bahwa sebagian siswa di kelasnya kurang mengikuti pembelajaran Matematika dengan baik. Indikatornya terlihat dari beberapa siswa melakukan aktivitas lain pada saat guru menjelaskan materi pelajaran seperti keaktifan dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran matematika hampir tidak tampak hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Nilai siswa pada semester I tahun pelajaran 2013-2014 dengan rata-rata 68, dan dari 24 siswa masih terdapat 8 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM sekolah 65. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team-Achievment Devisions) siswa kelas IV SDN 2 Besuki. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 28 Mei sampai dengan 3 Juni di SDN 2 Besuki . Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui pre test dan post test. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Kata Kunci : Kooperatif Tipe STAD (Student Team-Achievment Devisions), Hubungan Antar Bangun Datar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-27

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI