PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GERAK BENDA UNTUK SISWA KELAS III SDN NGADILUWIH 1 TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RADITA MAWARDANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0280

Abstract

ABSTRAKSI RADITA MAWARDNI, Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Mendiskripsikan Gerak Benda Untuk Siswa Kelas III SDN Ngadiluwih 1 Tahun Ajaran 2015/ 2016, Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Mei, 2016. Kata kunci : strategi, kontekstual, kemampuan mendeskripsikan, gerak benda Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengetahuan serta pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD masih menjadi mata pelajaran yang dirasa sulit untuk dipahami. Hal ini disebabkan salah satunya adalah cara guru dalam menyampaikan materi pembelajaran tidak menggunakan strategi yang sesuai. Yang akhirnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa mendiskripsikan gerak benda tanpa strategi pembelajaran kontekstual pada siswa kelas III? (2) Bagaimana kemampuan siswa mendiskripsikan gerak benda dengan diterapkan strategi pembelajaran kontekstual pada siswa kelas III? (3) Apakah kemampuan mendeskripsikan gerak benda menggunakan strategi pembelajaran kontekstual lebih baik dari pada kemampuan mendeskripsikan gerak benda dengan pembelajaran konvensional? (4) Bagaimana kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan strategi pembelajaran kontekstual? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian kelas III SDN Ngadiluwih 1. Penelitian diadakan tiga kali pertemuan pada sebuah kelas eksperimen menggunakan instrumen pengumpulan data berupa tes uraian yang berjumlah dua puluh soal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa SDN Ngadiluwih 1 yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional dalam materi gerak benda rendah. Dibuktikan dengan nilai KKM 70 hanya 12 siswa yang mendapat nilai diatas dan 12 siswa mendapat nilai dibawah KKM.. (2) Hasil belajar siswa SDN Ngadiluwih 1 yang pembelajarannya menggunakan strategi kontekstual dalam materi gerak benda tinggi. Dibuktikan dengan nilai KKM 70 sebanyak 21 siswa mendapat nilai diatas dan 1 siswa mendapat nilai dibawah KKM. (3) Kemampuan siswa mendeskripsikan gerak benda setelah diterapkannya strategi pembelajaran kontekstual lebih baik dibandingkan kemampuan mendeskripsikan gerak benda dengan pembelajaran konvensional. (4) Kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan strategi pembelajaran kontekstual sudah dilaksanakan dengan baik mencapai 81%. Sehingga dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran yang efektif. Berdasarkan simpulan ini, direkomendasikan:(1)Tujuan penggunaan strategi kontekstual untuk memudahkan pemahaman siswa dan membuat sisswa menjadi lebih aktif, kreatif dan cerdas. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus apakah strategi kontekstual dapat digunakan untuk semua materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI