PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DI LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS III SDN BALOWERTI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

QIKY NURDALIVA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0279

Abstract

QIKY NURDALIVA : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Kenampakan Permukaan Bumi Di Lingkungan Sekitar Dengan Media Visual Siswa Kelas III SDN Balowerti 3 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Script, Media Visual, Kenampakan Permukaan Bumi Di Lingkungan Sekitar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat dari motivasi belajar siswa yang rendah dan pada akhirnya hasil belajar rendah pula. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif script? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif script? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif script dengan media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar? (4) Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa selama model pembelajaran kooperatif script dengan media visual terhadap mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian kelas III SDN Balowerti 3 Kecamatan Kota, Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Menggunakan instrumen berupa RPP, dan test belajar siswa. Dari hasil penelitian di dapatkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif script terhadap siswa dalam memahami kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar siswa kelas III SDN Balowerti 3 Kecamatan Kota, Kota Kediri. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata sebelum perlakuan 56,46 dan nilai rata-rata setelah perlakuan 74,25 dimana KKM disekolah tersebut 70,00. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan terhadap hasil belajar siswa kelas III yang menggunakan model pembelajaran kooperatif script dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model kooperatif script . Berdasarkan dari hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar dalam pelaksaan model pembelajaran kooperatif script dapat berjalan dengan baik, maka guru kelas terlebih dahulu harus mempunyai kemauan dan motivasi yang bagus untuk keberhasilan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif script.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI