PENGARUH MODEL SAVI TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA KEADAAN AWAN DAN CUACA PADA SISWA KELAS III SD ISLAM AL-FIRDAUS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
PUTRI SUCI EL MAHANANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0278
Abstract
Abstrak
Putri Suci El Mahanani :Pengaruh Model SAVI Terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Keadaan Awan dan Cuaca Pada Siswa Kelas III SD Islam Al-Firdaus Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014-2015,Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: Model SAVI, kemampuan menjelaskan, keadaan awan dan cuaca.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa pasif. Guru belum bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran secara maksimal. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca tanpa model SAVI pada siswa kelas III Sekolah Dasar Islam Al-Firdaus ? (2) Bagaimana kemampuan menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca dengan menggunakan model SAVI pada siswa kelas III Sekolah Dasar Islam Al-Firdaus ? (3) Adakah pengaruh model SAVI terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca siswa kelas III Sekolah Dasar Islam Al-Firdaus ?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas III SDI Al-Firdaus yang berjumlah 41 siswa. Penelitian dengan menggunakan model SAVI dengan kelompok pembanding.Yang mendapatkan perlakuanhanya terdapat satu kelompok dan Instrumen yang digunakan perangkat pembelaran yang di dalamnya terdapat tes.
Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai kelas ekperimen dari 20 siswa yaitu 82,50 dan hasil nilai rata-rata kelas control dari 21 siswa yaitu 64,76. Dari hasil perhitungan uji-t dengan menggunakan Independent t test didapat sig.2 tailed 0,000. JikaP (Sign.) ? 5% (0,05), maka Ho ditolak. Sehingga Sig. 2 tailed 0,000< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kedua kelas yaitu lebih tinggi nilai yang berada di kelas eksperimen disbanding dengan kelas kontrol.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model SAVI terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca pada siswa kelas III di SDI AL-Firdaus Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014-2015.