PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV DI SDI AL-FIRDAUS TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

PUTRI CAHYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0277

Abstract

Cahyati, Putri. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Metode Tanya Jawab Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sifat Bangun Ruang Sederhana Pada Siswa Kelas IV di SDI Al-Firdaus Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, Jurusan S1 PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Pembimbing: (I) Drs. Yatmin, M.Pd, (II) Drs. Sigit Widiatmoko, M.Pd. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Metode Tanya Jawab, Kemampuan Mengidentifikasi, Sifat Bangun Ruang Sederhana. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa hampir semua guru dan siswa kelas IV di SD Negeri Kabupaten Kediri kurang maksimal dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran materi sifat bangun ruang sederhana. Siswa kurang berantusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sifat bangun ruang sederhana tanpa penerapan Model Problem Based Learning dengan Metode Tanya Jawab pada siswa kelas IV di SDI Al-Firdaus tahun ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sifat bangun ruang sederhana melalui penerapan Model Problem Based Learning dengan Metode Tanya Jawab dalam kegiatan berhitung sambil mengamati gambar suasana pagi hari pada siswa kelas IV di SDI Al-Firdaus tahun ajaran 2014/2015? (3) Adakah pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Problem Based Learning dengan Metode Tanya Jawab Jawab terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV di SDI Al-Firdaus tahun ajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif dengan rancangan Penelitian Eksperiment dengan desain True Eksprimental Design: posttest-only control design, dibagi menjadi 2 kelas yakni kelas eksperimen sebanyak 23 siswa dan kelas kontrol sebanyak 19 siswa dengan total sampel penelitian 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode statistika dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,9, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 75,89. Dengan demikian, Model Problem Based Learning dengan Metode Tanya Jawab dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa materi sifat bangun ruang sederhana. Berdasarkan nilai rata-rata yang didapat dari kelas eksperimen dan kelas kontrol ternyata kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi dari kelas kontrol. Selain itu dari hasil analisis uji-t dengan menggunakan Independent t test didapat sig.2-tailed 0,000, maka 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Dapat disimpulkan ada pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Tanya Jawab terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV di SDI Al-Firdaus. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari kelas eksperimen dan kelas kontrol bahwa penerapan Model Problem Based Learning dengan Metode Tanya Jawab pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi sifat bangun ruang sederhana. Hal ini terbukti dari hasil nilai post test pada kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil nilai post test ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI