PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DIDUKUNG MEDIA 3 DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Author (Penulis)
PUSVITA RETNONINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0276
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Explicit Instruction didukung media 3 Dimensi terhadap kemampuan mengenal pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Tamanan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Tamanan. Kelas III A diajar dengan model Explicit Instruction tanpa media, sedangkan kelas III B diajar dengan model Explicit Instruction didukung media 3 Dimensi. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, menggunakan instrument berupa RPP, dan tes evaluasi hasil belajar siswa. Kemampuan mengenal pecahan sederhana siswa dalam pembelajaran menggunakan model Explicit Instruction tanpa didukung media memperoleh nilai rata-rata hasil belajar 84,3±16,53 dan ketuntasan 89,5%, sedangkan dalam pembelajaran menggunakan model Explicit Instruction didukung media 3 Dimensi memperoleh nilai rata-rata hasil belajar 88±14,28 dan ketuntasan 92,3%. Penggunaan model Explicit Instruction didukung media 3 Dimensi yang diterapkan pada mata pelajaran matematika mengenal pecahan sederhana dapat meningkatkan kemampuan siswa mengenal pecahan sederhana.