PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DIDUKUNG MEDIA 3 DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR


Author (Penulis)

PUSVITA RETNONINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0276

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Explicit Instruction didukung media 3 Dimensi terhadap kemampuan mengenal pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Tamanan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Tamanan. Kelas III A diajar dengan model Explicit Instruction tanpa media, sedangkan kelas III B diajar dengan model Explicit Instruction didukung media 3 Dimensi. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, menggunakan instrument berupa RPP, dan tes evaluasi hasil belajar siswa. Kemampuan mengenal pecahan sederhana siswa dalam pembelajaran menggunakan model Explicit Instruction tanpa didukung media memperoleh nilai rata-rata hasil belajar 84,3±16,53 dan ketuntasan 89,5%, sedangkan dalam pembelajaran menggunakan model Explicit Instruction didukung media 3 Dimensi memperoleh nilai rata-rata hasil belajar 88±14,28 dan ketuntasan 92,3%. Penggunaan model Explicit Instruction didukung media 3 Dimensi yang diterapkan pada mata pelajaran matematika mengenal pecahan sederhana dapat meningkatkan kemampuan siswa mengenal pecahan sederhana.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-27

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI