PENGARUH METODE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI BANGUN DATAR SEDERHANA MENURUT SIFAT ATAU UNSURNYA KELAS III SEKOLAH DASAR.


Author (Penulis)

PRADIKA NURDIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0272

Abstract

ABSTRAK Pradika Nurdianto: Pengaruh Metode Make A Match Menggunakan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Berbagai Bangun Datar Sederhana Menurut Sifat Atau Unsurnya Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: Metode Make a match, Media Flashcard, Kemampuan Mengidentifikasi, Bangun Datar Sederhana. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dimengerti sehingga siswa takut terhadap mata pelajaran matematika. Akibatnya siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran matematika dan menyebabkan hasil belajar matematika rendah. Terkait hal ini, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode make a match menggunakan media flashcard terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan design “Nonrandomized Control Group Pretest – Postest Design”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Kencong 1 Keamatan Pare Kabupaten Kediri. Instrumen yang digunakan berupa RPP, media flashcard dan tes evaluasi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan: (1) strategi konvensional berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya dari hasil analisis data diperoleh sig. (2 tailed) 0.000 dengan df 22. Ternyata sig. (2 tailed) 0.000 < signifikansi 5% atau 0.05 sehingga Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan berupa strategi konvensional. (2) Metode make a match menggunakan media flashcard berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya dari hasil analisis data diperoleh sig. (2 tailed) 0.000 dengan df 22. Ternyata sig. (2 tailed) 0.000 < signifikansi 5% atau 0.05 sehingga Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan berupa metode make a match. (3) Ada perbedaan pengaruh metode make a match menggunakan media flashcard dan strategi konvensional berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya dari hasil analisis data diperoleh sig. (2 tailed) 0.000 dengan df 22. Ternyata sig. (2 tailed) 0.000 < signifikansi 5% atau 0.05 sehingga Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan pengaruh penggunaan metode make a match menggunakan media flashcard dan strategi konvensional.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI