PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT SISWA KELAS III DI SDK FRATERAN 2 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

ONESCA ANGGI DAMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0271

Abstract

Onesca Anggi Damayanti: Peningkatan Motivasidan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran dengan Model Cooperative Learning TipeTeam Game Tournament Siswa Kelas IIIdi SDK Frateran 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa minat siswa dalam mempelajari Matematika dirasa masih kurang, hal ini dibuktikan dengan wawancara yang dilakukan dengan gurukelas III SDK Frateran 2 Kota Kediri, tidak semua mata pelajaran disenangi oleh siswa, salah satunya adalah Matematika. Oleh karena itu, siswa beranggapan bahwa pelajaran Matematika sulit. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana motivasi dan hasil belajar operasi hitung campuran tanpa menggunakan model Cooperative Learning tipe Team Game Tournamentsiswakelas III diSDK Frateran 2 Kota Kediri? (2) Bagaimana motivasi dan hasil belajar operasi hitung campuran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipeTeam GameTournamentsiswakelas III di SDK Frateran 2 Kota Kediri? (3) Adakah peningkatan motivasi dan hasil belajar tanpa dan dengan menggunakan operasi hitung campuran tanpa dan dengan menggunakan modelCooperative Learning tipeTeam Game Tournamentsiswa kelas III di SDK Frateran 2 Kota Kediri? Bentukpenelitian iniadalah penelitan tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDK Frateran 2 Kota Kediriyang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes.Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode.Teknik analisisdata yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulanatauverifikasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Game Tournament (TGT) pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar operasi hitung campuran siswa kelas III di SDK Frateran 2 Kota Kediri. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai belajar operasi hitung campuran pada mata pelajaran Matematika pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus I rata-rata kelas menjadi 73,95 dengan ketuntasan kelas baru mencapai 71,05% (27 dari 38 siswa). Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,92 dengan ketuntasan kelas sebesar 94,74% (36 dari 38 siswa). (2) Ada peningkatan sikap antusiasme siswa, karena merasa lebih santai, menikmati dan lebih percaya diri dalam mengikuti pelajaran Matematika dari pada sebelumnya. Siswa terlihat lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas baik dalam diskusi kelompok maupun pada saat turnamen berlangsung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI