PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT SISWA KELAS III DI SDK FRATERAN 2 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
ONESCA ANGGI DAMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0271
Abstract
Onesca Anggi Damayanti: Peningkatan
Motivasidan Hasil Belajar Operasi Hitung
Campuran dengan Model Cooperative
Learning TipeTeam Game Tournament Siswa
Kelas IIIdi SDK Frateran 2 Kota Kediri
Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, PGSD,
FKIP UNP Kediri, 2015.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil
pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa
minat siswa dalam mempelajari Matematika
dirasa masih kurang, hal ini dibuktikan dengan
wawancara yang dilakukan dengan gurukelas
III SDK Frateran 2 Kota Kediri, tidak semua
mata pelajaran disenangi oleh siswa, salah
satunya adalah Matematika. Oleh karena itu,
siswa beranggapan bahwa pelajaran
Matematika sulit.
Permasalahan penelitian ini adalah (1)
Bagaimana motivasi dan hasil belajar operasi
hitung campuran tanpa menggunakan model
Cooperative Learning tipe Team Game
Tournamentsiswakelas III diSDK Frateran 2
Kota Kediri? (2) Bagaimana motivasi dan
hasil belajar operasi hitung campuran dengan
menggunakan model Cooperative Learning
tipeTeam GameTournamentsiswakelas III di
SDK Frateran 2 Kota Kediri? (3) Adakah
peningkatan motivasi dan hasil belajar tanpa
dan dengan menggunakan operasi hitung
campuran tanpa dan dengan menggunakan
modelCooperative Learning tipeTeam Game
Tournamentsiswa kelas III di SDK Frateran 2
Kota Kediri?
Bentukpenelitian iniadalah penelitan
tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap
siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III
SDK Frateran 2 Kota Kediriyang berjumlah
38 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, dokumentasi,
catatan lapangan, dan tes.Validitas data yang
digunakan adalah triangulasi data dan
triangulasi metode.Teknik analisisdata yang
digunakan adalah model analisis interaktif
yang mempunyai tiga buah komponen yaitu
reduksi data, sajian data, dan penarikan
kesimpulanatauverifikasi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah
(1) Penggunaan model pembelajaran
Cooperative Learning tipe Team Game
Tournament (TGT) pada pembelajaran
Matematika dapat meningkatkan motivasi dan
hasil belajar operasi hitung campuran siswa
kelas III di SDK Frateran 2 Kota Kediri.
Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan
meningkatnya nilai belajar operasi hitung
campuran pada mata pelajaran Matematika
pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus I rata-rata kelas menjadi 73,95 dengan ketuntasan
kelas baru mencapai 71,05% (27 dari 38
siswa). Pada siklus II nilai rata-rata kelas
meningkat menjadi 80,92 dengan ketuntasan
kelas sebesar 94,74% (36 dari 38 siswa). (2)
Ada peningkatan sikap antusiasme siswa,
karena merasa lebih santai, menikmati dan
lebih percaya diri dalam mengikuti pelajaran
Matematika dari pada sebelumnya. Siswa
terlihat lebih aktif dalam mengikuti proses
pembelajaran di kelas baik dalam diskusi
kelompok maupun pada saat turnamen
berlangsung.