PENGARUH MODEL TPS DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KEGIATAN JUAL BELI DI LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH SISWA KELAS III SDN PELAS I KEDIRI TAHUN 2016-2017


Author (Penulis)

OKTIVIA USROTU SULHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0270

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwasiswa kelas III kurang mampu memaham ikegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah. Terbukti ketika diberi tugas untuk memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah siswa masih kesulitan dalam mengerjakan, sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Untuk mengetahui kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah tanpa menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share didukung media visual (gambar) siswa kelas III. (2) Untuk mengetahui kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) didukung media visual (gambar) siswa kelas III. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Think pair and Share didukung media visual terhadap kemampuan memaham ikegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan pada siswa kelas III SDN Pelas 1 dan SDN Pelas 2 Kabupaten Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, dan test berupa soal pilihan ganda. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil analisis kemampuan siswa pada kelas kontrol dinyatakan kurang menguasai materi kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai KKM 65 hanya 9 siswa mendapat nilai diatas KKM dan 14 siswa mendapat nilai dibawah KKM. (2) Berdasarkan hasil analisis kemampuan siswa pada kelas eksperimen dinyatakan menguasai materi kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai KKM 65 sebanyak 21 siswa mendapat nilai diatas KKM dan 4 siswa mendapat nilai dibawah KKM. (3) Ada perbedaan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS)dengan metode konvensional. Hal tersebut dibuktikan analisis data diperoleh keputusan bahwa th (4,667) > tt (2.01290), sehingga H_1 diterima. Selanjutnya p value (0,000)

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI