PENGARUH MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PANTUN ANAK SECARA BERBALASAN DENGAN LAFAL DAN INTONASI YANG TEPAT SISWA KELAS IV SDN CAMPUREJO 2


Author (Penulis)

OKTIVA DINA ISWANINGTIAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0269

Abstract

Abstrak Oktiva Dina Iswaningtias: Pengaruh Model Make A Match dengan Media Visual terhadap Kemampuan Membaca Pantun Anak Secara Berbalasan dengan Lafal dan Intonasi yang Tepat Siswa Kelas IV SDN Campurejo 2, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri 2015. Kata Kunci: Make A Match, Media Visual, Hasil Belajar, Pantun Anak Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hail belajar siswa yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan berbalas pantun dengan model make a match pada siswa kelas IV ? (2) Bagaimana kemampuan berbalas pantun yang menggunakan model pembelajaran make a match dengan media visual pada siswa kelas IV ? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran make a match dengan media visual terhadap kemampuan berbalas pantun pada siswa kelas IV ? Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami kemampuan membaca siswa kelas IV mengenai pantun anak yang menggunakan model pembelajaran make a match dengan media visual maupun tanpa media visual, serta pengaruh model pembelajaran Make A Match dengan media visual terhadap kemampuan membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat kelas IV SDN Campurejo Kediri. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Campurejo 2 Kediri yang terdiri dari kelas A yang berjumlah 35 orang, dan kelas B berjumlah 35 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui metode tes dengan instrumen pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran make a match dengan media visual (eksperimen) dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model make a match saja (kontrol) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Campurejo 2 Kediri, tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 88,14 dan hasil nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 87,14

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI