PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS III SDN KANDANGAN 3
Author (Penulis)
OKTAVIA HERAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0268
Abstract
Hasil pengamatan di lapangan menunjukkan dalam pembelajaran guru masih monoton dengan ceramah di depan kelas dan tidak menggunakan media yang menarik sehingga membuat siswa tidak berminat dengan pelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menghitung luas persegi dan persegi panjang antara pembelajaran menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) didukung media tiga dimensi dengan tanpa menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) didukung media tiga dimensi pada siswa kelas III SDN Kandangan 3.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Kandangan 3.Penelitian dilaksanakan dalam 2 kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen, dengan menggunakan instrumen berupa tes serta instrumen berupa perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar siswa.Teknik analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji-t.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada perbedaan kemampuan menghitung luas persegi dan persegi panjang antara pembelajaran menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) didukung media tiga dimensi dengan tanpa menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) didukung media tiga dimensi pada siswa kelas III SDN Kandangan 3.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Didukung Media Tiga Dimensi adalah mengembangkan kerjasama tanpa memandang perbedaan dengan menggunakan media yang dapat menunjukkan objek secara utuh. Oleh karena itu guru harus menjadi fasilitator dan motivator dalam kegiatan kerja kelompok siswa.(2) Guru masih perlu melakukan penelitian terus menerus untuk membuktikan apakah pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Didukung Media Tiga Dimensi sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.