Pengaruh Model Inside-Outside Circle terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas III SDN Campurejo Kota Kediri
Author (Penulis)
OKTAVIA CAHYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0267
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Matematika adalah mata pelajaran yang menakutkan termasuk di Sekolah Dasar. Akibatnya siswa takut tidak dapat mengerjakan, yang pada akhirnya hasil belajar pun rendah.Salah satu tujuan dari penelitian ini,yaitu untuk mengetahuiseberapa signifikan pengaruh model pembelajaran IOC sehingga dapat mempe-ngaruhi kemampuan siswa kelas III SDN Campurejo dalam menyelesaikan ma-salah keliling dan luas persegi dan persegi panjang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian Eksperimen dan pendekatan kuantitatif dengan subyek pene-litian siswa kelas III SDN Campurejo Kota Kediri, menggunakan instrumen be-rupa RPP dan tes hasil belajar siswa.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sangat signifikan penerapan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) se-hingga dapat mempengaruhi kemampuan siswa kelas III SDN Campurejo dalam menyelesaikan masalah keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Hal ini da-pat dibuktikan dari Thitung (-3,710) < Ttabel (-1,992).
Kata kunci: Model Inside-Outside Circle, Matematika, menyelesaikan masalah
keliling dan luas persegi dan persegi panjang.