Pengaruh Model Inside-Outside Circle terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas III SDN Campurejo Kota Kediri


Author (Penulis)

OKTAVIA CAHYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0267

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Matematika adalah mata pelajaran yang menakutkan termasuk di Sekolah Dasar. Akibatnya siswa takut tidak dapat mengerjakan, yang pada akhirnya hasil belajar pun rendah.Salah satu tujuan dari penelitian ini,yaitu untuk mengetahuiseberapa signifikan pengaruh model pembelajaran IOC sehingga dapat mempe-ngaruhi kemampuan siswa kelas III SDN Campurejo dalam menyelesaikan ma-salah keliling dan luas persegi dan persegi panjang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian Eksperimen dan pendekatan kuantitatif dengan subyek pene-litian siswa kelas III SDN Campurejo Kota Kediri, menggunakan instrumen be-rupa RPP dan tes hasil belajar siswa.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sangat signifikan penerapan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) se-hingga dapat mempengaruhi kemampuan siswa kelas III SDN Campurejo dalam menyelesaikan masalah keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Hal ini da-pat dibuktikan dari Thitung (-3,710) < Ttabel (-1,992). Kata kunci: Model Inside-Outside Circle, Matematika, menyelesaikan masalah keliling dan luas persegi dan persegi panjang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI