PENGARUH MODEL DEMONSTRASI DENGAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PERUBAHAN ENERGI BUNYI MELALUI PENGGUNAAN ALAT MUSIK SISWA KELAS IV SDN CAMPUREJO 2 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NUR ELLAG PREHATIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0256

Abstract

ABSTRAK Nur Ellag Prehatin: Pengaruh Model Demonstrasi dengan Media Tiga Dimensi terhadap Kemampuan Menjelaskan Perubahan Energi Bunyi Melalui Penggunaan Alat Musik Siswa Kelas IV SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata kunci: Model Demonstrasi, Media Tiga Dimensi, Menjelaskan Perubahan Energi Bunyi Melalui Penggunaan Alat Musik. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa dalam pembelajaran IPA di SD ternyata siswa belum sepenuhnya melibatkan fisik dan mental siswa dan dalam proses pembelajaran terkesan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga menjadikan siswa kurang memahami apa yang diharapkan dalam kompetensi pembelajaran dan hasil belajar siswa yang diharapkan kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan memahami kemampuan menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik dengan menggunakan model demonstrasi pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 (2) Untuk mengetahui dan memahami kemampuan menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik menggunakan model demonstrasi dengan media tiga dimensi pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran demonstrasi dengan media tiga dimensi terhadap kemampuan menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik siswa kelas IV SDN Campurejo 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas IV SDN Campurejo 2 yang berjumlah 70 siswa, 35 siswa kelas IV-A dan 35 siswa kelas IV-B. penelitian dengan menggunakan Quasi Experimental Design (desain eksperimen semu), yaitu desain tes awal-tes akhir dua kelompok tanpa diacak. Pemilihan dua kelompok eksperimen dan kontrol tanpa diacak sebelum dan sesudah perlakuan diberi test. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai kelas kontrol dari 35 siswa yaitu 59,14 sedangkan hasil dari rata-rata nilai kelas eksperimen dari 35 siswa yaitu 70,85. Berdasarkan taraf signifikan 5% dan db = N-1. Pada analisis hipotesis menggunakan uji T, terdapat sig. (2-tailed) 0.001 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu lebih tinggi nilai posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Demonstrasi dengan media tiga dimensi terhadap kemampuan menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI