PENGARUH MODEL ARTIKULASI DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN PERISTIWA YANG PERNAH DIALAMI, DILIHAT, ATAU DIDENGAR PADA SISWA KELAS III SDN KAMPUNGBARU 1 KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

NUR ALFI LAILI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0254

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD yang masih didominasi oleh peran guru. Serta kegiatan pembelajaran yang selalu menggunakan metode ceramah saja tanpa adanya penggunaan media pembelajaran. Sehingga suasana belajar menjadi kurang menarik dan membosankan. Siswa hanya mendengarkan tanpa diberikan kesempatan untuk ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang cenderung rendah. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Adapun desain yang dilakukan dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan quasi eksperimen design yaitu dengan rancangan pre test-post test dengan kelompok pembanding tak acak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Kampungbaru 1 yakni kelas III A sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa dan kelas III B sebagai kelompok eksperimen berjumlah 22 siswa dengan total keseluruhan 42 siswa. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini rata-rata nilai post test kelompok kontrol yaitu 79,68, sedangkan hasil dari rata-rata nilai post test kelompok eksperimen yaitu 85,18. Berdasarkan pengujian uji-t menggunakan independent sample t test maka diperoleh (2-tailed) 0.004 berarti lebih kecil dari 0.05 (0.004 < 0.05) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kedua test (post test kelompok kontrol dan post test kelompok eksperimen) yaitu lebih tinggi nilai post test kelompok eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran artikulasi didukung media visual terhadap kemampuan menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar pada siswa kelas III SDN Kampungbaru 1 Tahun 2015. Kata kunci: model artikulasi, media visual, kemampuan menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI