PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANYA PADA SISWA KELAS 3 SDN REJOMULYO KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

NUNING NUR HALIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0253

Abstract

ABSTRAK NUNING NURHALIMAH: Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaannya pada Siswa Kelas 3 SDN Rejomulyo Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Contextual Teaching and Learning adalah strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan anak secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata. CTL mendorong anak agar dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata, dengan itu materi yang dipelajari oleh anak akan tertanam erat dalam memorinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya tanpa menggunakan model Contextual Teaching and Learning. (2) Kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning. (3) Tingkat signifikansi pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa kelas 3 SDN Rejomulyo Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen menggunakan desain eksperimen sejati (true experimental design) yaitu kajian penelitian di mana mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas (penggunaan model Contextual Teaching and Learning) dan variabel terikat (prestasi belajar mata pelajaran IPA pada materi mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya). Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 3 SDN Rejomulyo Kota Kediri sebanyak 23 siswa sebagai sampel kontrol, dan siswa kelas 3 SDN Pelas Kota Kediri sebanyak 24 siswa sebagai sampel eksperimen. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan observasi, dokumentasi, dan soal-soal tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, teknik dokumentasi dan teknik tes. Proses analisis data menggunakan analisis uji t dua sampel berhubungan dan SPSS 20.0 For Windows. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya tanpa menggunakan model Contextual Teaching and Learning siswa kelas 3 SDN Rejomulyo dinyatakan kurang menguasai. Hal ini dibuktikan dengan perolehan 69% nilai siswa masih kurang dari KKM. (2) Kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning siswa kelas 3 SDN Rejomulyo dinyatakan menguasai atau berhasil. Hal ini dibuktikan dengan perolehan 82,7% nilai siswa lebih dari KKM. (3) Ada pengaruh signifikan penggunaan model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa kelas 3 SDN Rejomulyo. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t hitung 14,78 > t tabel 2,500 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan: “Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa kelas 3 SDN Rejomulyo Kota Kediri”. Kata Kunci: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI