PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN KANDANGAN 3 KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
NUNI AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0252
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Kandangan 3 kesulitan untuk mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan yang dipelajarinya. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru belum menentukan model yang tepat untuk materi mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan. Siswa kesulitan untuk menguasai materi ajar sehingga kemampuan mendeskripsikan siswa belum tercapai secara maksimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model pembelajaran concept sentence agar tujuan pembelajarannya tercapai.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan sebelum menggunakan model pembelajaran Concept Sentence pada siswa kelas IV SD Negeri Kandangan 3 Tahun Ajaran 2014-2015? (2) bagaimana kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan setelah menggunakan model pembelajaran Concept Sentence pada siswa kelas IV SD Negeri Kandangan 3 Tahun Ajaran 2014-2015? (3) adakah pengaruh yang signifikan dari penerapan model Concept Sentence terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SD Negeri Kandangan 3 Tahun Ajaran 2014-2015?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian one-group pretest – posttest design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV B SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes dan intrumennya tes tertulis berupa soal pilihan ganda.
Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan nilai thitung (11,36) > ttabel (1,701) dan nilai rata-rata kelas IV sebelum menggunakan model concept sentence (62,06) < KKM (70) dan nilai rata-rata kelas IV setelah menggunakan model concept sentence (84) > KKM (70). Artinya ada pengaruh model concept sentence terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri 2014-2015.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh sangat signifikan model concept sentence terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri 2014-2015.
Kata kunci : kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan, model pembelajaran concept sentence.