PENGARUH MODEL MIND MAPPING DIDUKUNG MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BERBAGAI PENYEBAB PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK (ANGIN, HUJAN, CAHAYA MATAHARI, DAN GELOMBANG AIR LAUT) SISWA KELAS IV SDN CAMPUREJO 1 KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
NOVITA DWI ISTININGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0250
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran IPA belum berjalan secara efisien dan efektif karena adanya faktor kemampuan guru yang kurang bisa dalam memilih model dan media pembelajaran yang cocok dengan materi yang disampaikan serta kualitas hasil belajar siswa masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab apakah dengan menerapkan model mind mapping didukung media video pada pembelajaran IPA, prestasi belajar IPA siswa pada pokok bahasan kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut) SDN Campurejo 1 Kota Kediri dapat ditingkatkan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Campurejo 1 Kota Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 pertemuan, menggunakan instrumen berupa perangkat pembelajaran dan test ( pretest-posttest ).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perubahan antara sebelum diterapkan model mind mapping didukung media video yaitu nilai rata-rata siswa 51.500 dengan sesudah diterapkannya model mind mapping didukung media video yaitu nilai rata-rata siswa 82.7500 dan adanya pengaruh model mind mapping didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut) ini dapat dilihat dari penggunaan taraf signifikansi 5% diperoleh df 39% dan sig. ( 2 tailed ) = 0.000 < taraf signifikan 0.05 .
Kata Kunci: model mind mapping, media video, kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan.