PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN HASIL PENGURANGAN PECAHAN DIDUKUNG MEDIA KERTAS LIPAT PADA SISWA KELAS 4 SDN Ganung Kidul 1 Nganjuk


Author (Penulis)

NOVITA ANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0249

Abstract

ABSTRAK NOVITA ANDARI : Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Menentukan Hasil Pengurangan Pecahan Didukung Media Kertas Lipat Pada Siswa Kelas IV SDN Ganung Kidul 1 Nganjuk. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi pengurangan pecahan sederhana kelas IV SDN Ganung Kidul 1 Nganjuk masih mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan guru belum menentukan model dan media yang tepat untuk materi menentukan hasil pengurangan pecahan. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan, sehingga kemampuan siswa dalam menentukan hasil pengurangan pecahan sederhana belum maksimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan media kertas lipat agar tujuan pembelajarannya tercapai. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 tujuan sebagai berikut: (1)kemampuan menentukan hasil pengurangan pecahan menggunakan metode ceramah pada siswa kelas IV SDN Ganung Kidul 1 Nganjuk Tahun ajaran 2015/2016(2)kemampuan menentukan hasil pengurangan pecahan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media kertas lipat pada siswa kelas IV SDN Ganung Kidul 1 Nganjuk Tahun ajaran 2015/2016(3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media kertas lipat terhadap kemampuan menentukan hasil pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN Ganung Kidul 1 Nganjuk Tahun ajaran 2015/2016.Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Posttest Only Control Design dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Ganung Kidul 1 Nganjuk. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 butir soal dan 5 soal Essay. Soal tersebut diberikan kepada kelas IV A dan kelas IV B. Hasil analisis data perhitungan uji-t dengan mengunakan Independent t-test didapat sig.2 tailed diperoleh menggunakan independent test sig.2-tailed diperoleh t-hitung 4,666 > t-tabel 1,991 dengan taraf Sig. 2-tailed maka 0,000 < 0,05. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan menentukan hasil pengurangan pecahan menggunakan metode ceramah pada siswa kelas IV SDN Ganung Kidul 1 Nganjuk dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 64,82 (KKM 75) (2) kemampuan menentukan hasil pengurangan pecahan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media kertas lipat pada siswa kelas IV SDN Ganung Kidul 1 Nganjuk dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata 81,6 (KKM 75) (3) ada pengaruh sangat signifikan pada penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media kertas lipat pada siswa kelas IV SDN Ganung Kidul 1 Nganjuk. Kata kunci : Model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media kertas lipat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI