PENGARUH MODEL MIND MAPPING(PETA PIKIR) DIDIKUNG MEDIA GAMBAR DALAM KEGIATAN MENDISKUSIKAN SIFAT BANGUN RUANG TERHADAP PENGETAHUAN MENENTUKAN SIFAT SIFAT BANGUN RUANG KELAS IV SDN TEGALAN KANDAT KEDIRI 2016/2017


Author (Penulis)

NOVITA ARIS WIJAYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0248

Abstract

ABSTRAK Novita Aris Wijaya : Pengaruh Model Mind Mapping ( Peta Pikir) Didukung Media Gambar Dalam Kegiatan Mendiskusikan Sifat Bagun Ruang Terhadap Pengetahuan Menentukan Sifat-Sifat Bangun Ruang Kelas IV SDNTegalan Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017. Skripsi.Kediri : Program Studi Ilmu Pendidikan. Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Nusantara PGRI. Kata Kunci :Mind Mapping, Model Pembelajaran, Matematika, Pengetahuan. Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan di dunia pendidikan Dari tahun ke tahun kualitas pendidikan di Indonesia mengalami banyak perkembangan, baik dari strategi belajar mengajar, metode pembelajaran, maupun materi-materi yang dikembangkan. Akan tetapi banyak pula guru-guru SD yang sudah lama mengajar kesulitan dalam pergantian kurikulum yang setiap tahunnya berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh menggunakan model pembelajaran Mind Mapping sebelum ataupun sesudah menggunakan model pembelajaran tersebut terhadap pengetahuan siswa dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalan Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri, kelas IV semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan pre-experimental bentuk one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini meliputi 21 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis yaitu dalam bentuk pilahan ganda 30 soal. Uji normalitas hasil tes mengguakan chi-kuadrat denganX2hitung 4,85 , X2tabel pada ? = 0,05 dan dk = 4 adalah 9,488 dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh? t?_hitung(3,802) >t_tabel(2,045), maka H1 yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap pengetahuan menentukan sifat-sifat bangun ruang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan Mind Mapping didukung media gambar terhadap pengetahuan menentukan sifat-sifat bangun ruang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah : (1) Tujuan pokok penggunaan model pembelajaran Mind Mapping ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi suatu masalah, serta mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. (2) Sebaiknya guru menerapkan model pembelajaranMind Mapping ini, dan juga harus lebih memperbanyak memberikan masalah-masalah atau contoh-contoh yang ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi dan siswa lebih mengetahui manfaat mempelajari Matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI