PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MEDIA 3 DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN DAMPAK PENGAMBILAN BAHAN ALAM TERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN SISWA KELAS 4 SDN TAMANAN KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015.


Author (Penulis)

NOVIANTI AJENG PRAMITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0247

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarpun juga rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalm pembelajaran IPA kelas IV SDN Tamanan dengan menggunakan model example non example dengan media 3 dimensi. Penelitian ini menggunakan metode apenelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian yang digunakan adalah menggunakan instrumen berupa RPP dan memberikan tes tertulis berupa soal subjektif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model example non example dengan media 3 dimensi dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SDN Tamanan dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan menjelaskan sebuah materi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah diberikan soal. Sebelum diberikan soal (pre-test) dari 41 siswa, diperoleh nilai rata-rata 63,17. Siswa yang mendapat nilai diatas rata-rata sebanyak 18 siswa, sedangkan 19 siswa lainnya memperoleh nilai dibawah rata-rata, sedangkan setelah diberikan soal (post-test) Dari 41 siswa, diperoleh nilai rata-rata 81,85. Siswa yang mendapat nilai di atas rata-rata sebanyak 12 siswa, sedangkan sisa lainnya memperoleh nilai dibwah rata-rata. Kesimpulan dan saran meliputi, (1) hasil akhir dari penelitian dan pengaruh model example non example dengan media 3 dimensi dengan tujuan mempermudah dan menambah kreatif, keaktifan dan ketidak bosanan siswa dalam menerima pemebelajran yang diberikan. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran harus pandai-pandai dalam menyiasati suatu pembelajaran dengan memberikan model atau media tertentu agara siswa tidak merasa bosan dan tegang. (2) Agar para guru dalam mengajar selalu menggunakan macam-macam media pembelajaran, model pembelajaran dan melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif, aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Karena dengan melaksanakan proses belajar mengajar secara PAIKEM terbukti membawa dampak yang positif terhadap keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Kata Kunci: Pengaruh, Model Example non example, Media 3 dimensi, Kemampuan, Menjelaskan, Sumber daya alam.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI