PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN PERNAPASAN HEWAN PADA SISWA KELAS V SDN PARE 3 TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

NOVIA EKA FIBRIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0246

Abstract

ABSTRAK Novia Eka Fibrianti: Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Fungsi Organ Pernapasan Hewan Pada Siswa Kelas V SDN Pare 3 Kediri Tahun Ajaran 2014.2015, skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Penerapan,Model Kooperatif tipe Jigsaw, Media Visual, Kemampuan, Mengidentifikasi, Fungsi Organ Pernapasan Hewan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas, akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif,membosankan dan dapat mempengaruhi hal belajar siswa yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan kooperatif tipe jigsaw didukung media visual,(2)mengetahui aktivitas siswa saat menggunakan model kooperatif tipe jigsaw didukung media visual,(3)perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw didukung media visual dan yang menggunakan metode konvensional pada siswa kelas V SDN Pare 3 Kabupaten Kediri Tahun Ajran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian pretest-posttest kontrol group dengan rancangan “ (quasi-eksperimen)”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I-VI SDN Pare 3, Sampel penelitian ditetapkan pada 2 kelas yaitu siswa kelas eksperimen Va, kelas kontrol Vb SDN Pare 3 dengan jumlah 83 siswa yang ditentukan dengan purposive sample.. Data tentang kemampuan hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes Isian. Data dianalisis dengan t-test. Dengan demikian, dapat disimpulkan Kemampuan guru dan aktivitas siswa dalam proses mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dilihat dari analisis secara keseluruhan selama 3 kali pertemuan mencapai 80,95 %. Sedangkan aktivitas siswa telah meningkat setiap tahap yaitu memperoleh rata-rata 85%. Ada perbedaan prestasi belajar siswa setelah diterapkan menggunakan model pembelajaran Kooperatip tipe Jigsaw dengan metode konvensional. Dibuktikan dari hasil analisa data t hitung ditemukan sebesar 4.922, sedangkan t tabel dengan menggunakan taraf signifikan 5% adalah sebesar 1,989, sehingga dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari pada t tabel. Dengan demikian berarti “ hipotesa nol (Ho) ditolak. Ho ditolak karena ada perbedaan kemampuan siswa mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan yang dibuat dengan yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibanding yang dibuat pembelajaran secara konvensional pada siswa kelas V SDN Pare 3 tahun ajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI