PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN METODE EKSPERIMEN DALAM KEGIATAN BEREKSPLORASI TENTANG SUMBER BUNYI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN JENIS-JENIS BUNYI PADA SISWA KELAS IV SDN MRICAN 3 KEDIRI
Author (Penulis)
NOVI MAHARANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0245
Abstract
Abstrak
Novi Maharani: Pengaruh Model Pembelajaran PBL dengan Metode Eksperimen dalam Kegiatan Bereksplorasi Tentang Sumber Bunyi Terhadap Kemampuan Membedakan Jenis-Jenis Bunyi Pada Siswa Kelas IV SDN Mrican 3 Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: PBL, eksperimen, bereksplorasi sumber bunyi.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kebiasaan guru dalam menyampaikan materi pelajaran sangat monoton dengan hanya menggunakan metode ceramah, kurangnya kreativitas guru, dan siswa tidak diberi kesempatan untuk beraktifitas dalam kegiatan pembelajaran. Akibatnya siswa kurang berminat pada pelajaran IPA khususnya pada materi membedakan jenis-jenis bunyi. Selain itu hasil belajar siswa sangat rendah. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran yang inovatif, salah satunya yaitu model PBL dengan metode eksperimen yang sesuai dengan materi tersebut.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam membedakan jenis-jenis bunyi dalam kegiatan bereksplorasi tentang sumber bunyi dengan menggunakan model konvensional? (2) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam membedakan jenis-jenis bunyi dalam kegiatan bereksplorasi tentang sumber bunyi dengan menggunakan model pembelajaran PBL dengan metode eksperimen? (3) Apakah penggunakan model pembelajaran PBL dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam membedakan jenis-jenis bunyi pada kegiatan bereksplorasi tentang sumber bunyi?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian quasi eksperimental desain yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Mrican 3 Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan bentuk instrumen soal isian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik uji-t sampel bebas dengan taraf signifikan 5%. Karena sig. 2 tailed (0.000) < ? (0.05) dan nilai rata-rata kelas kontrol (70,25) < 75 (KKM). Artinya terdapat pengaruh penggunaaan model PBL dengan metode eksperime pada kegiatan bereksplorasi tentang sumber bunyi terhadap kemampuan membedakan jenis-jenis bunyi pada siswa kelas IV SDN Mrican 3 Kediri.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan siswa dalam membedakan jenis-jenis bunyi dengan menggunakan model konvensional pada siswa kelas IV SDN Mrican 3 Kediri dinyatakan masih dibawah KKM. (2) kemampuan siswa dalam membedakan jenis-jenis bunyi dengan menggunakan model pembelajaran PBL dengan metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Mrican 3 Kediri dinyatakan sudah diatas KKM. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunakan model pembelajaran PBL dengan metode eksperimen dan model pembelajaran konvensional dengan media gambar terhadap kemampuan siswa dalam membedakan jenis-jenis bunyi pada kegiatan bereksplorasi tentang sumber bunyi pada siswa kelas IV SDN Mrican 3 Kediri.