PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BERDASARKAN GAMBAR SERI DENGAN PILIHAN KATA, KALIMAT, DAN EJAAN YANG TEPAT PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

NOVI DWI ARSITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0244

Abstract

ABSTRAK NOVI DWI ARSITA : Pengaruh Model Concept Sentence terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana berdasarkan Gambar Seri dengan Pilihan Kata, Kalimat, dan Ejaan yang Tepat pada Siswa Kelas III SD Negeri Tahun Ajaran 2015-2016, Skripsi, PGSD, FKIP, UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Concep Sentence, kemampuan menulis karangan sederhana. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil wawancara dengan guru kelas III di SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri dan diperoleh informasi bahwa siswa masih kurang mampu menulis karangan sederhana dengan ejaan yang tepat. Buktinya, lebih dari 50% siswa yang mendapat nilai di bawah KKM pelajaran bahasa Indonesia yaitu 70. Hal ini disebabkan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru masih menggunakan metode, model maupun media yang kurang tepat dan kurang bervariasi. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Salah satu model yang dicoba dan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran ini yaitu model Concept Sentence. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan metode ceramah siswa kelas III SD Negeri Kandangan 3 Kabupaten Kediri? (2) Bagaimana kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan model concept sentence siswa kelas III SD Negeri Kandangan 3 Kabupaten Kediri? (3) Adakah pengaruh model concept sentence terhadap kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri pada siswa kelas III SD Negeri Kandangan 3 Kabupaten Kediri? Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan tes tulis. Tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri siswa kelas III dengan model Concept Sentence. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik inferensial atau uji hipotesis (uji-t). Teknik ini digunakan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan metode ceramah siswa kelas III SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri dinyatakan kurang mampu . Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas kurang dari 70 yaitu 52,15.(2) Kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan model Concept Sentence siswa kelas III SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri dinyatakan mampu/ berhasil. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas lebih dari 70 yaitu 77,46. (3) Ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model Concept Sentence terhadap kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan pilihan kata, kalimat, dan ejaan yang tepat siswa kelas III SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri. Hal ini diketahui berdasarkan perolehan dari thitung (5,44) > ttabel (2,000), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak pada taraf signifikan 5% dan hipotesis kerja (Ha) terbukti benar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI