Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Gaya Mengubah Bentuk Benda Pada Siswa Kelas IV SDN Campurejo 2, Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015
Author (Penulis)
NITA DESIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0242
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran yang dilaksanakan sebagian besar masih didominasi oleh peran guru yang menggunakan metode ceramah yang berakibat pada lemahnya pemahaman materi karena siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga mudah terjadi verbalisme. Bertolak dari keadaan tersebut maka peneliti menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA dengan tujuan mengetahui dan meningkatkan hasil pembelajaran gaya dapat mengubah bentuk benda menggunakan metode Demonstrasi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah metode Demonstrasi berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya mengubah bentuk benda pada siswa kelas IV A? (2) Apakah metode Ceramah berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya mengubah bentuk benda pada siswa kelas IV B (3) Apakah terdapat perbedaan pengaruh penggunaan metode Demonstrasi dibanding metode Ceramah terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya mengubah bentuk benda pada siswa kelas IV?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kota Kediri yang berjumlah 78 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode demonstrasi dan IV B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah dengan analisis uji t.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode Demonstrasi sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya mengubah bentuk benda, hal ini terbukti dari nilai thitung (18,063) > ttabel (2,707) pada taraf signifikansi 1%. (2) Penggunaan metode Ceramah sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya mengubah bentuk benda, hal ini terbukti dari nilai thitung (15,970) > ttabel (2,707) pada taraf signifikansi 1%. (3) Terdapat perbedaan pengaruh sangat signifikan penggunaan metode Demonstrasi dibanding metode Ceramah terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya mengubah bentuk benda pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kota Kediri. Hal ini terbukti dari nilai thitung (4,576) > ttabel (2,643) pada taraf signifikansi 1%. Dengan keunggulan pada metode Demonstrasi, hal tersebut terbukti dari nilai rerata postes pada penggunaan metode demonstrasi adalah 83,7179 sedangkan nilai rerata postes pada penggunaan metode Ceramah adalah 68,7179. Dengan demikian 83,7179>68,7179.
Kata kunci: metode demonstrasi, kemampuan mendeskripsikan gaya mengubah
bentuk benda.