PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN HASIL PERCOBAAN GAYA MENGUBAH GERAK BENDA SISWA KELAS IV SDN 2 MARGOMULYO KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NINING ESTI ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0241

Abstract

Abstrak NINING ESTI ANGGRAINI : Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Kemampuan Menyimpulkan Hasil Percobaan Gaya Mengubah Gerak Benda Siswa Kelas IV SDN 2 Margomolyo Kab Trenggalek Tahun Ajaran 2014 – 2015 , Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: metode demonstrasi, kemampuan menyimpulkan hasil percobaan, gaya mengubah gerak benda. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi kelas IV di SDN 2 Margomolyo Kab. Trenggalek. Berdasarkan dari hasil observasi yang telah diperoleh bahwa banyak siswa yang kurang mampu membedakan antara dorongan dan tarikan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ). Hal tersebut diakibatkan oleh proses pembelajaran guru yang tidak menggunakan metode yang menarik serta tidak menunjukkan proses langsung dari pembelajaran materi gaya mengubah gerak benda, sehingga siswa hanya dapat membayangkan tanpa adanya hasil yang pasti. Bertolak dari keadaan tersebut maka penelitian ini mencoba untuk menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA, dan dampak penerapan metode demonstrasi terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya mengubah gerak benda. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya mengubah gerak benda siswa kelas IV SD sebelum penerapan metode demonstrasi?(2) Bagaimana kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya mengubah gerak benda siswa kelas IV SD sesudah penerapan metode demonstrasi? (3) Adakah pengaruh yang signifikan dari penerapan metode demonstrasi terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya mengubah gerak benda siswa kelas IV SD? Penelitian ini menggunakan penelitian pre-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subyek penelitiannya siswa kelas IV SDN 2 Margomolyo Kab. Trenggalek. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya mengubah gerak benda siswa kelas IV SD sebelum menerapkan metode Demonstrasi cenderung rendah atau kurang dari KKM, hal ini terbukti dari nilai rerata (66,65) < KKM (75). (2) Kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya mengubah gerak benda siswa kelas IV SD sesudah menerapkan metode Demonstrasi cenderung meningkat atau di atas KKM, hal ini terbukti dari nilai rerata (86,2) > KKM (75). (3) Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode demonstrasi terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya mengubah gerak benda siswa kelas IV SDN 2 Margomolyo.Hal ini terbukti dari nilai thitung (7,458) > ttabel (2,045) pada taraf signifikansi 5%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI