PENGARUH MODEL EKSPLICIT INSTRUCTION DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN PLEMAHAN 1 KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

NILA DWI PANGESTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0240

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan dilatarbelakangi hasil pengamatan penulis di SDN Plemahan 1 menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada mata pelajaran IPA siswa kelas V semester 2 SDN P lemahan 1 ini cenderung rendah.Hal ini disebabkan karena pembelajaran selama ini cenderung konvensional. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah model eksplicit instruction didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Plemahan 1 Kabupaten Kediri? (2) Apakah model eksplicit instruction didukung media tiga dimensi berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Plemahan 1 Kabupaten Kediri? (3)Adakah perbedaan pengaruh model eksplicit instruction didukung media gambar dibandingkan dengan model ekplicit instruction didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Plemahan 1 Kabupaten Kediri? Penelitian ini adalah Nonramdomized Kontrol Group Pretest-posttes Design dengan pendekatan kuantitatif.Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Plemahan 1 Kab.Kediri. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model eksplicit instruction didukung media gambar dan kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan model eksplicit instruction didukung media tiga dimensi dengan menggunakan analisis data uji t-tes. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model eksplicit instruction didukung media gambar sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, hal ini terbukti dari nilai t hitung (9,285) > t tabel ( 2,069) pada taraf signifikan 5 % (2) Penggunaan model eksplicit instruction didukung media tiga dimensi sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, hal ini terbukti dari nilai t hitung (17,461) > t tabel (2,074) pada taraf signifikan 5% (3) Ada perbedaan pengaruh sangat signifikan terhadap penggunaan model eksplicit instruction didukung media tiga dimensi dibanding dengan model eksplicit instruction didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Plemahan 1 Kab.Kediri. Hal ini terbukti dari nilai t hitung (5,473) > t tabel (2,021) pada taraf signifikan 5 % yang berarti signifikan. Dengan keunggulan pada model eksplicit instruction didukung media tiga dimensi dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen 86,70 > 67,55 kelompok kontrol. Kata Kunci Kata Kunci : Model Eksplicit Instruction, Media Tiga Dimensi. Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI