PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN DI KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
NIKO WIDHIATMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0238
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari sebuah pembelajaran akan tercapai secara maksimal apabila guru mampu menerapkan metode dan pembelajaran yang efektif, inovatif, dan juga menyenangkan. Guru harus bisa menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik dan karakteristik peserta didik dalam menyampaikan materi pelajaran. Salah satu model yang sesuai untuk pemebalajaran matematika adalah model pembelajaran Realistics Mathematics Education. Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan pretest posttest-Only Control Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN di Kabupaten Tulungagung Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Dari hasil analisa data dengan uji t-tes ditemukan t hitung sebesar 3.816, sedangkan t tabel dengan taraf signifikan 5% adalah 2.024 dan 1% adalah 2.712 sehingga dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan “ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN di Kabupaten Tulungagung.