PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA SISWA KELAS IV SDN KANDANGAN 3
Author (Penulis)
NIKI PUTRI SETIYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0236
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Kandangan 3 dan diperoleh informasi bahwa siswa kurang mampu menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana. Buktinya, lebih dari 50% siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Hal ini disebabkan dalam pelaksanakan pembelajaran guru masih menggunakan metode, model maupun media yang kurang tepat dan kurang bervariasi. Dengan demikian, dilakukan penelitian yang terfokus pada : (1) Bagaimanakah kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana sebelum menggunakan pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan media tiga dimensi siswa kelas IV SDN Kandanagn 3? (2) Bagaimanakah kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan media tiga dimensi siswa kelas IV SDN Kandangan 3? (3) Adakah pengaruh pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan media tiga dimensi terhadap kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV SDN Kandangan 3?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian one-group pretest-posttest design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Kandangan 3. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 1 %.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana sebelum menggunakan pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan media tiga dimensi siswa kelas IV SDN Kandangan 3 dikategorikan kurang maksimal. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-ratanya 57,32. (2) Kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan media tiga dimensi siswa kelas IV SDN Kandangan 3 dikategorikan maksimal. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-ratanya 75,54. (3) Ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan media tiga dimensi terhadap kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV SDN Kandangan 3. Hal ini diketahui berdasarkan perolehan dari thitung (11,31) > ttabel (2,467), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak pada taraf signifikan 1% dan hipotesis kerja (Ha) terbukti benar.