PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION DIDUKUNG MEDIA 3D PADA KEGIATAN MEMBUAT LAPORAN TENTANG SIFAT DAN HANTARAN PANAS TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERPINDAHAN PANAS PADA SISWA KELAS IV SDI AL HUDA KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NIFVA NURKOYIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0235

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di SDI Al Huda Kota Kediri tentang kemampuan mendeskripsikan perpindahan panas pada kelas IV. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran tematik pada materi perpindahan panas masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran siswa yang malas, kurang berantusias, kurang fokus, mengeluh, bosan, dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Keadaan seperti ini terjadi karena proses pembelajaran masih hanya berorientasi kepada guru saja tanpa melibatkan siswa secara langsung. Guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa adanya sarana pendukung dalam menyampaikan materi Untuk menyelesikan permasalahan di atas, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran direct instruction yang didukung dengan media tiga dimensi (3D) dalam materi mendeskripsikan perpindahan panas. Model pembelajaran yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran yaitu model direct instruction. Model direct instruction adalah salah satu model pembelajaran yang menggunakan berbagai metode dalam penerapannya. Selain penggunaan model, media sangat diperlukan dalam rangka membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran yang disampaikan. Media yang digunakan yaitu media 3D. Media 3D adalah salah satu media yang sesuai untuk membantu siswa dalam mendeskripsikan perpindahan panas karena media 3D dapat memberikan pengalaman langsung bagi siswa, menunjukkan obyek secara utuh serta dapat menunjukkan alur suatu proses secara jelas. Melalui media tersebut, siswa dapat mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta secara kreatif sehingga kebermaknaan pada proses pembelajaran dapat diperoleh. Penelitian ini memiliki hasil (1) Kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perpindahan panas dengan model direct instruction saja siswa kelas IV SDI Al Huda Kota Kediri tahun 2014/2015 dinyatakan kurang mampu. (2) Kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perpindahan panas dengan menggunakan model direct instruction dan media 3D siswa kelas IV SDI Al Huda Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015 dinyatakan mampu/ berhasil. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan dalam penggunaan model direct instruction dan media 3D terhadap kemampuan mendeskripsikan perpindahan panas siswa kelas IV SDI Al Huda Kota Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI