PENGARUH MODEL TEAM QUIZ DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN ENERGI ALTERNATIF DAN PENGGUNAANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN BURENGAN 4 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
NELA LISTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0233
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi kelas IV di SDN Burengan 4 Kota Kediri. Berdasarkan dari hasil observasi yang telah diperoleh bahwa sebagian besar siswa kurang mampu menjelaskan macam-macam energi alternatif sesuai dengan penggunaannya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ). Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran guru yang tidak menggunakan variasi model serta tidak adanya penggunaan media. Bertolak dari keadaan tersebut maka penelitian ini mencoba untuk menggunakan model team quiz dalam pembelajaran IPA dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA, dan dampak penerapan model team quiz terhadap kemampuan menjelaskan energi alternatif dan penggunaannya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah kemampuan menjelaskan energi alternatif dan penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015 sudah mencapai KKM sebelum menerapkan model team quiz dengan media visual? (2) Apakah kemampuan menjelaskan energi alternatif dan penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015 sudah mencapai KKM setelah menerapkan model team quiz dengan media visual? (3) Adakah pengaruh penggunaan model Team Quiz dengan media visual terhadap kemampuan menjelaskan energi alternatif dan penggunaannya pada kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015 ?
Penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Adapun subyek penelitiannya siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP dan tes.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan menjelaskan energi alternatif dan penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kediri sebelum menerapkan model team quiz dengan media visual belum berhasil mencapai KKM, hal ini terbukti dari nilai rerata (66,07) < KKM (75) dengan ketuntasan klasikal 30,6%. (2) Kemampuan menjelaskan energi alternatif dan penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kediri setelah menerapkan model team quiz dengan media visual berhasil mencapai KKM, hal ini terbukti dari nilai rerata (83,57) > KKM (75) dengan ketuntasan klasikal 87,7%. (3) Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model team quiz terhadap kemampuan menjelaskan energi alternatif dan penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Burengan 4. Hal ini terbukti dari nilai thitung = 6,822 > ttabel 1% = 2,771 pada taraf signifikansi 1%.
Kata kunci : Model Team Quiz, Media Visual, Kemampuan Menjelaskan Energi Alternatif dan Penggunaannya.