PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA GAMBAR VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KONDISI LINGKUNGAN YANG BERPENGARUH TERHADAP KESEHATAN DENGAN TEMA LINGKUNGAN SISWA KELAS III SDN SUMBEREJO 2 KEDIRI TAHUN 2014 / 2015
Author (Penulis)
NATIKA MAHARANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0232
Abstract
Abstrak
Natika Maharani: Pengaruh Strategi Pembelajaran Interaktif Dengan Media Gambar Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Kondisi Lingkungan Yang Berpengaruh Terhadap Kesehatan Dengan Tema Lingkungan Siswa Kelas III SDN Sumberejo 2, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: strategi interaktif, media gambar visual, kemampuan, lingkungan, kesehatan.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas pengajaran yang berpusat pada guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa berkurang yang berakibat nilai siswa menjadi rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh pada kesehatan dengan tema lingkungan tanpa menggunakan strategi pembelajaran interaktif dengan media gambar visual? (2) Bagaimana kemampuan siswa mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh pada kesehatan dengan tema lingkungan dengan menggunakan strategi pembelajaran interaktif dengan media gambar visual? (3) Apakah Strategi Pembelajaran Interaktif dengan media visual dapat berpengaruh terhadap kemampuan siswa mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh pada kesehatan dengan tema lingkungan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sumberejo 2. Peneltian ini menggunakan instrument berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes dan dokumentasi.
Penelitian ini dilakukan untuk menguji hipotesis “Strategi Pembelajaran Interaktif dengan media gambar visual dapat mempengaruhi Kemampuan siswa dalam mendeskripsikan kondisi lingkungan yang bepengaruh terhadap kesehatan tema lingkungan siswa kelas III SDN Sumberejo 2”.
Setelah dilakukan analisis data kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Sebelum penerapan strategi pembelajaran interaktif dengan media gambar, kemampuan siswa masih cenderung rendah dengan rata-rata nilai 67 yang berarti masih dibawah KKM. (2) Setelah diterapkannya strategi interaktif dengan media gambar, kemampuan siswa meningkat dengan raa-rata 83,46 atau sudah mencapai KKM. (3) Ada pengaruh penggunaan strategi interaktif dengan media gambar visual terhadap kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
Berdasarkan simpulan dari hasil penelitian, diharapkan guru sebagai perencana pembelajaran harus dapat mengolah perencanaan pembelajaran dengan baik, termasuk menggunkan strategi-strategi yang interaktif dalam proses belajar mengajar dan dapat mengolah media-media yang membuat siswa dapat berperan aktif dengan suasan kelas yang menyenangkan. Dan guru juga harus menyesuaikan strategi yang akan dipakai dengan karakteristik siswanya.