PENERAPAN METODE TIME TOKEN DENGAN MEDIA GAMB AR PADA MATERI JENIS SUMBER DAYA ALAM, PERSEBARAN DAN PEMANFAATANNYA UNTUK KEGIATAN EKONO MI DI LINGKUNGAN SETEMPAT SISWA KELAS IV SDN KANDANGAN 3


Author (Penulis)

NANING WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0231

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilat ar belakangi hasil pengamatan dan pengal aman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Guru dalam proses pembel ajaran masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas, akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif,membosankan dan dapat mempengaruhi hal belajar siswa yang kurang maksimal. Penelitian ini bertuju an untuk mengetahui kemampuan guru mengelo la pembelajaran dengan metode time token didukun g media gambar, mengetahui aktivitas siswa sa at menggunakan metode time token didukung media g ambar dan perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode time token didukung media gambar dan yang menggunakan metode konvensional pada siswa kelas IV SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini ad alah penelitian pretest-posttest kontrol group den gan rancangan “ (quasi-eksperimen)”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kandangan 3, Sampel penelitian ditetapkan pada 2 kelas yaittu siswa kelas eksperimen IVa, kelas kontrol IVb SDN Kandangan 3 dengan jumlah 48 siswa yang ditentukan dengan random sampling. Data te ntang kemampuan hasil belajar IPS dikumpulkan den gan instrumen berupa tes Isian dan uraian. Data dianalisis dengan t-test. Dengan demikian, daapat disimpulkan Aktivitas siswa dalam proses mengelola pembelajaran dengan metode time token telah meningkat setiap tahap yaitu mempero leh rata-rata 98%. Ada perbedaan prestasi belajar sis wa setelah diterapkan metode time token denga n metode konvensional. Dibuktikan dari hasil analisa data t hitung ditemukan sebesar 4.897, seddangkan t tabel dengan menggunakan taraf signifikan 5% adalah sebesar 2,687, sehingga dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari pada t tabel. Denggan demikian berarti “ hipotesa nol (Ho) ditola k dan hipotesa alternatif (H1) diterima. Dengan kata lain ada pengaruh penggunaan metode time token dengan metode konvensional terhadap kemampuan mendiskripsikan jenis sumber daya alam, persebaran dan pemanfaatanya untuk siswa kelas IV SDN Kandangan 3. Kata kunci : Penerapan,meto de time token, media gambar, kemampuan, mengidentifikasi jenis sumber daya alam, persebaran dan pemanfaatanya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI